Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Ponsel Sony Xperia Kembali Cetak Profit

Kompas.com - 02/05/2021, 07:20 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun belakangan, bisnis ponsel Sony (Divisi Xperia Mobile) diketahui kurang menunjukkan performa yang baik, bahkan sampai merugi.

Sejak tahun 2014 hingga 2020 lalu, pengiriman ponsel Sony Xperia juga terus menunjukkan grafik yang semakin menurun.

Kini, ada kabar baik. Bisnis ponsel Sony Xperia akhirnya kembali mencatatkan profit untuk pertama kalinya sejak 2017. Hal ini terungkap dari hasil laporan keuangan perusahaan untuk tahun fiskal 2020, yang dipublikasi baru-baru ini.

Dalam laporan tersebut, bisnis ponsel Sony Xperia diketahui berhasil meraup laba operasi (operating income) sebesar 27,7 miliar yen atau setara dengan Rp 3,6 triliun.

Padahal, bila melihat grafik pengiriman ponsel Sony Xperia, total pengiriman di tahun 2020 justru yang paling sedikit ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun fiskal 2020, Sony hanya berhasil menjual 2,9 juta unit ponsel Xperia saja. pada periode ini. Sedangkan di tahun fiskal 2019, Sony justru berhasil menjual lebih banyak ponsel dengan total pengapalan mencapai 3,2 juta unit.

Baca juga: Sony Resmikan Ponsel Flagship Xperia 1 III dan Xperia 5 III

Grafik pengiriman ponsel Sony Xperia yang semakin menurun dari tahun ke tahun.Xperia Blog Grafik pengiriman ponsel Sony Xperia yang semakin menurun dari tahun ke tahun.

Sony awalnya pun terkejut dengan performa bisnis smartphone-nya pada tahun fiskal 2020 yang berakhir pada 31 Maret 2021 ini.

Eksekutif perusahaan mengungkapkan bahwa performa bisnis ponsel Sony Xperia pada periode ini telah melebihi ekspektasi perusahaan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Xperia Blog, Minggu (2/5/2021).

Baca juga: Tanda-tanda Sony Akan Memboyong Game PlayStation ke Smartphone

Itu semua bisa terjadi agaknya berkat startegi yang dilakukan oleh Sony. Alih-alih menjual ponsel yang lebih banyak, Sony lebih memilih menggunakan strategi pemotongan biaya (cross cutting) dan meningkatkan harga jual rata-rata (average selling price/ASP) produknya di pasaran.

Berbicara soal ponsel Xperia, Sony baru-baru ini juga telah meresmikan dua ponsel kelas atas terbarunya, yakni Xperia 1 III dan Xperia 5 III. Dua ponsel flagship ini baru akan mulai dijual pada pertengahan tahun 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com