Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi dan Samsung Kolaborasi Bikin Chip Ponsel Baru?

Kompas.com - 03/05/2021, 03:29 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Dua vendor smartphone yang masuk dalam lima besar penguasa pasar smartphone global, Xiaomi dan Samsung dilaporkan menjalin kerja sama untuk mengembangkan chip ARM baru.

Sejauh ini Xiaomi-Samsung disebut sudah bertemu sebanyak lima kali untuk membahas produksi Chip baru yang menggunakan desain arsitektur dari produsen CPU mobile, ARM, yakni Cortex-X2.

ARM sendiri belum mengumumkan Cortex-X2 ke publik. Kendati demikian, arsitektur baru ARM Cortex-X2 memang diharapkan meluncur pada akhir tahun 2021 ini.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Air, Pro, dan Mac Mini dengan Chip ARM

Dari sisi pengolah grafisnya (GPU), alih-alih menggunakan GPU hasil kerja sama antara Samsung dengan AMD, Xiaomi dilaporkan akan tetap mengusahakan menggunakan GPU Mali milik ARM dalam memperoduksi chip hasil kerja sama dengan Samsung ini.

Alasannya adalah karena GPU yang dibuat oleh Samsung-AMD disebutkan memiliki unit yang terbatas, dan dikhawatirkan tidak bisa memenuhi permintaan.

Kendati demikian, laporan soal kemitraan Xiaomi dan Samsung dalam memproduksi chip mobile bersama ini masih belum dikonfirmasi oleh kedua belah pihak.

Isu kerja sama Xiaomi-Samsung ini muncul di tengah stok komponen chip semikonduktor global dilaporkan mengalami kelangkaan, yang berimbas pada sejumlah industri, mulai dari mobil listrik, peralatan rumah tangga, hingga bisnis smartphone.

Baca juga: Xiaomi dan Oppo Siapkan Chip 5G Pesaing Snapdragon

Di industri smartphone, para vendor akhirnya mencari berbagai cara untuk mengatasi kelangkaan chip ini, salah satunya mendorong produksi chip semikonduktor. Inilah yang tengah dilakukan oleh Xiaomi dan Samsung.

Sebelumnya, produsen smartphone asal China itu memang telah menunjukkan minatnya untuk mengembangkan chip berbasis silikon khusus. Dan mungkin ini merupakan salah satu upaya untuk merealisasikannya.

Belakangan ini, banyak vendor yang mulai beralih menggunakan chipset khusus, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Senin (3/5/2021).

Misalnya, Google dilaporkan tengah mengerjakan SoC 'Whitechapel' khusus untuk seri ponsel Pixel 6 baru, yang diharapkan akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com