Xiaomi dan Samsung Kolaborasi Bikin Chip Ponsel Baru?

Kompas.com - 03/05/2021, 03:29 WIB
CPU ARM Cortex-A78 dan ARM Cortex-X1. ARMCPU ARM Cortex-A78 dan ARM Cortex-X1.

KOMPAS.com - Dua vendor smartphone yang masuk dalam lima besar penguasa pasar smartphone global, Xiaomi dan Samsung dilaporkan menjalin kerja sama untuk mengembangkan chip ARM baru.

Sejauh ini Xiaomi-Samsung disebut sudah bertemu sebanyak lima kali untuk membahas produksi Chip baru yang menggunakan desain arsitektur dari produsen CPU mobile, ARM, yakni Cortex-X2.

ARM sendiri belum mengumumkan Cortex-X2 ke publik. Kendati demikian, arsitektur baru ARM Cortex-X2 memang diharapkan meluncur pada akhir tahun 2021 ini.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Air, Pro, dan Mac Mini dengan Chip ARM

Dari sisi pengolah grafisnya (GPU), alih-alih menggunakan GPU hasil kerja sama antara Samsung dengan AMD, Xiaomi dilaporkan akan tetap mengusahakan menggunakan GPU Mali milik ARM dalam memperoduksi chip hasil kerja sama dengan Samsung ini.

Alasannya adalah karena GPU yang dibuat oleh Samsung-AMD disebutkan memiliki unit yang terbatas, dan dikhawatirkan tidak bisa memenuhi permintaan.

Kendati demikian, laporan soal kemitraan Xiaomi dan Samsung dalam memproduksi chip mobile bersama ini masih belum dikonfirmasi oleh kedua belah pihak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Isu kerja sama Xiaomi-Samsung ini muncul di tengah stok komponen chip semikonduktor global dilaporkan mengalami kelangkaan, yang berimbas pada sejumlah industri, mulai dari mobil listrik, peralatan rumah tangga, hingga bisnis smartphone.

Baca juga: Xiaomi dan Oppo Siapkan Chip 5G Pesaing Snapdragon

Di industri smartphone, para vendor akhirnya mencari berbagai cara untuk mengatasi kelangkaan chip ini, salah satunya mendorong produksi chip semikonduktor. Inilah yang tengah dilakukan oleh Xiaomi dan Samsung.

Sebelumnya, produsen smartphone asal China itu memang telah menunjukkan minatnya untuk mengembangkan chip berbasis silikon khusus. Dan mungkin ini merupakan salah satu upaya untuk merealisasikannya.

Belakangan ini, banyak vendor yang mulai beralih menggunakan chipset khusus, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Senin (3/5/2021).

Misalnya, Google dilaporkan tengah mengerjakan SoC 'Whitechapel' khusus untuk seri ponsel Pixel 6 baru, yang diharapkan akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X