Foto Asli Meme "Disaster Girl" Dilelang, Laku Terjual Rp 6,8 Miliar

Kompas.com - 03/05/2021, 17:06 WIB
Meme Disaster Girl yang viral di internet dijual Rp 6,8 miliar. Dave Roth/Know Your MemeMeme Disaster Girl yang viral di internet dijual Rp 6,8 miliar.

KOMPAS.com - Masih ingat dengan foto seorang gadis kecil yang sedang tersenyum dengan latar belakang bangunan terbakar?

Foto yang tampak ironis itu beken di dunia maya dan menjadi meme bernama "dissaster girl" sejak 2005 silam.

Bertahun-tahun berlalu, foto asli dari meme tersebut dijual dengan harga fantastis, yakni 473.000 dollar AS atau sekitar Rp 6,8 miliar (kurs Rp 14.445). Zoë Roth, gadis yang ada di dalam foto itu melelang foto tersebut dalam bentuk NFT.

Sekadar informasi, NFT atau Non-Fungible Token adalah teknologi kripto semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, atau bentuk virtual lainnya.

Dengan NFT, sebuah karya digital bisa dipastikan keasliannya meskipun telah diduplikasi ribuan kali dan beredar luas di jagat maya.

Pelelangan dilakukan oleh Foundation App dan dibeli oleh seorang kolektor bernama @3FMusic dengan harga 180 ethereum. Setelah lelang dilakukan, Roth akan mendapat komisi 10 sen setiap kali meme itu disebar di internet.

Baca juga: Juan Joya Borja, Pria yang Viral Jadi Meme Ketawa Meninggal Dunia

Foto "Disaster Girl" diambil dari sebuah keisengan. Pada Januari 2005, Roth yang saat itu masih berusia empat tahun pergi melihat bangunan yang terbakar bersama ayahnya, Dave Roth di dekat kediaman mereka yang berada di Mebane, Carolina Utara.

Saat itu, pemadam kebakaran sengaja mengobarkan api untuk membersihkan properti yang ada di sana. Menurut laporan New York Times, kebakaran itu terkendali, bahkan petugas mengizinkan anak-anak untuk memegang selang air.

Sang ayah yang merupakan fotografer amatir dan selalu membawa kamera kemana pun, mengambil gambar putrinya yang tersenyum "nakal" di depan kobaran api. Dave kemudian mengunggah foto itu ke internet dan menjadi viral hingga saat ini.

Tidak hanya viral di dunia maya, foto itu juga memenangkan penghargaan pada 2008 lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X