Tanda Popularitas Clubhouse Mulai Menurun

Kompas.com - 04/05/2021, 14:31 WIB
Aplikasi Clubhouse Unsplash/William KrauseAplikasi Clubhouse

KOMPAS.com - Awal 2021, aplikasi Clubhouse mendadak ramai jadi perbincangan. Walaupun masih eksklusif tersedia di iOS, Clubhouse telah diunduh 9,6 juta kali pada Februari 2021 lalu menurut laporan lembaga riset Sensor Tower.

Bahkan, pada bulan tersebut Clubhouse mengalami kenaikan unduhan hingga 300 persen dari bulan Januari yang mencapai 2,4 juta unduhan.

Namun tampaknya, popularitas Clubhouse perlahan-lahan menyusut. Salah satunya ditandai dengan melambatnya jumlah unduhan dalam beberapa bulan terakhir.

Pada Maret 2021 jumlah unduhan Clubhouse turun menjadi 2,7 juta. Tren itu berlanjut hingga April, di mana jumlah unduhan Clubhouse semakin berkurang drastis, yakni hanya mencapai 992.000 unduhan saja secara global.

Menurut juru bicara Sensor Tower, pertumbuhan di bulan April menunjukkan menurunnya jumlah unduhan Clubhouse dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Disuntik Dana Segar, Valuasi Clubhouse Tembus Rp 58 Triliun

Kendati demikian, keinginan pengguna Clubhouse untuk bertahan di aplikasi tersebut dikatakan masih kuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Clubhouse pun tampaknya tidak ingin kehilangan momen popularitasnya, meskipun pertumbuhannya mulai melamban. CEO Clubhouse Paul Davidson, mengatakan perusahaannya sedang menyiapkan strategi baru.

Salah satunya adalah dengan membuka Clubhouse ke lebih banyak orang, tidak hanya melalui skema undangan saja.

Davidson juga beberapa kali sesumbar sedang menyiapkan Clubhouse untuk versi Android. Kabar terbaru menyebut Clubhouse versi Android kini sedang dalam tahap uji coba.

Menurut laporan Tech Crunch, dalam acara townhall Clubhouse beberapa waktu lalu diumumkan bahwa Clubhouse Android versi beta sedang diuji coba dengan beberapa pengguna non-karyawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.