Tahun Depan, Pengguna PlayStation Bisa Ngobrol Lewat Discord

Kompas.com - 04/05/2021, 15:38 WIB
Ilustrasi Discord Alex Castro / The VergeIlustrasi Discord

KOMPAS.com - Sony akan mengintegrasikan aplikasi voice chat Discord ke dalam ekosistem layanan PlayStation Network (PSN). Kerja sama ini akan diwujudkan pada 2022 mendatang.

Menurut President & CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan, tujuan utama diboyongnya Discord ke layanan PSN adalah untuk memudahkan komunikasi antara para pengguna PlayStation dengan pengguna Discord di berbagai platform.

Dengan demikian, para gamer dapat berkomunikasi saat memainkan game yang mendukung fitur cross-play, baik di platform PlayStation, PC, atau smartphone.

"Tujuan kami adalah mendekatkan pengalaman Discord dan PlayStation pada konsol serta perangkat seluler mulai awal tahun depan," ungkap Ryan.

Baca juga: Microsoft Ingin Beli Discord Rp 142 Triliun

Sebelum menjalin kerja sama dengan Sony, Discord sendiri sejatinya telah menjadi mitra Microsoft sejak lama. Dengan Discord, pengguna Xbox bisa melihat game apa yang sedang dimainkan oleh rekannya.

Namun, Discord di Xbox punya keterbatasan. Pengguna Discord di Xbox tidak dapat mengubungi pengguna lain secara langsung melalui layanan Xbox Live.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melihat adanya kekurangan ini, Sony berencana untuk mengoptimalkan proses komunikasi antara pengguna Discord dengan pengguna layanan PSN ke depannya.

Sebagai bagian dari kesepakatan ini, Sony juga diketahui ikut menanamkaan investasi pada Discord. Namun, pihak perusahaan masih enggan untuk mengungkapkan jumlah pastinya. Ryan hanya mengatakan bahwa investasi tersebut hanya minoritas.

Baca juga: Cara Pakai Discord di Smartphone dan PC untuk Main Game dengan Teman

"Demi membuat pengalaman ini kepada pemain, Sony Interactive Entertainment telah melakukan investasi kecil (minority) sebagai bagian dari pendanaan seri H," ujar Ryan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Venture Beat, Selasa (4/5/2021).

Kendati belum rampung, namun, kerja sama ini diprediksi bakal menguntungkan Sony. Pasalnya, Discord merupakan salah satu aplikasi populer di kalangan para pencinta game.

Para pemain game online biasanya menggunakan Discord untuk berkomunikasi ketimbang fitur voice chat yang tersedia di dalam game.

Saat ini Discord memiliki pengguna aktif yang mencapai 140 juta orang setiap bulannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.