Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Hibah dari Yayasan Bill dan Melinda Gates, Termasuk di Indonesia

Kompas.com - 04/05/2021, 16:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Devex

KOMPAS.com - Pasangan miliarder Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan bakal bercerai setelah 27 tahun menikah.

Selama ini mereka dikenal sebagai pasangan dermawan yang mendirikan yayasan filantropi bernama Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF), yang ikut didukung oleh investor kenamaan dunia, Warren Buffet.

Baca juga: Bill dan Melinda Gates Resmi Bercerai

Pada 2018, BMGF dilaporkan memiliki dana abadi sebesar 46,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 669 triliun), sehingga menjadikannya sebagai yayasan swasta terbesar di dunia.

Yayasan Bill dan Melinda Gates sendiri menyalurkan sumbangan ke banyak hal. Fokus utamamnya adalah meningkatkan perawatan kesehatan dan mengurangi kemiskinan di seluruh dunia, serta memperluas peluang pendidikan dan akses ke teknologi informasi di AS.

BMGF juga turut mendukung berbagai isu sosial, kesehatan, dan pendidikan. Berikut ini deretan amal dari Bill and Melinda Gates Foundation.

Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, BMGF memiliki beberapa prioritas utama, yakni soal polio, malaria, kesehatan ibu dan anak, hingga penyakit tropis yang terabaikan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Devex, Selasa (4/5/2021).

BMGF diketahui mengucurkan dana sebesar 86 juta dollar AS pada 2006 untuk membantu pemberantasan penyakit polio di dunia.

Baca juga: Bill Gates Kucurkan Dana ke Bio Farma untuk Bikin Vaksin Polio

Sebagaimana dicatat dalam publikasi International Aid Transparency Initiative (IATI), sejak tahun 2009 hingga 2015, Bill and Melinda Gates Foundation tercatat telah menghibahkan dana 1,4 miliar dollar AS untuk mengendalikan penyakit malaria secara global.

Masih terkait penyakit yang disebarkan oleh nyamuk, pada 2014, Bill Gates berkunjung ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia, untuk mendukung upaya pemberantasan Demam Berdarah lewat program Eliminate Dengue.

Tahun 2017, giliran Melinda Gates datang ke Yogyakarta dalam rangka program yang sama hingga rela digigiti nyamuk.

Baca juga: Istri Bill Gates Cari Nyamuk di Yogyakarta

Aneka penyakit lain turut menjadi perhatian BMGF yang mengucurkan dana sebesar 5,5 miliar dollar AS untuk mengontrol penyakit menular dan 1,3 miliar untuk mengontrol penyakit menular seksual (STD), termasuk HIV/AIDS.

BMGF juga menghibahkan dana 1 miliar dollar AS untuk memerangi penyakit Tuberculosis (TBC), serta 1,1 miliar dollar ASuntuk menyediakan perawatan kesehatan, nutrisi, dan sanitasi dasar.

Di periode 2009 sampai 2015, beberapa organisasi kesehatan yang mendapatkan dana hibah paling banyak dari BMGF diantaranya ialah aliansi vaksin dunia Gavi Alliance senilai 3 miliar dollar AS serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 1,5 miliar dollar AS.

Yang paling baru, sebagaimana dihimpun dari laman GatesFoundation, pada 2020 lalu BMGF juga berkomitmen menyumbangkan 1,75 miliar dollar AS (sekitar Rp 25 triliun) sebagai respons menghadapi pandemi Covid-19.

Baca juga: Bill Gates, Ramalan Jitu Wabah Virus, dan Vaksin Anti-corona

Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan vaksin, perawatan, obat-obatan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Covid-19.

Halaman:
Sumber Devex


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com