Deretan Hibah dari Yayasan Bill dan Melinda Gates, Termasuk di Indonesia

Kompas.com - 04/05/2021, 16:02 WIB
Bill dan Melinda Gates. Gates Foundation Bill dan Melinda Gates.

KOMPAS.com - Pasangan miliarder Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan bakal bercerai setelah 27 tahun menikah.

Selama ini mereka dikenal sebagai pasangan dermawan yang mendirikan yayasan filantropi bernama Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF), yang ikut didukung oleh investor kenamaan dunia, Warren Buffet.

Baca juga: Bill dan Melinda Gates Resmi Bercerai

Pada 2018, BMGF dilaporkan memiliki dana abadi sebesar 46,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 669 triliun), sehingga menjadikannya sebagai yayasan swasta terbesar di dunia.

Yayasan Bill dan Melinda Gates sendiri menyalurkan sumbangan ke banyak hal. Fokus utamamnya adalah meningkatkan perawatan kesehatan dan mengurangi kemiskinan di seluruh dunia, serta memperluas peluang pendidikan dan akses ke teknologi informasi di AS.

BMGF juga turut mendukung berbagai isu sosial, kesehatan, dan pendidikan. Berikut ini deretan amal dari Bill and Melinda Gates Foundation.

Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, BMGF memiliki beberapa prioritas utama, yakni soal polio, malaria, kesehatan ibu dan anak, hingga penyakit tropis yang terabaikan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Devex, Selasa (4/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BMGF diketahui mengucurkan dana sebesar 86 juta dollar AS pada 2006 untuk membantu pemberantasan penyakit polio di dunia.

Baca juga: Bill Gates Kucurkan Dana ke Bio Farma untuk Bikin Vaksin Polio

Sebagaimana dicatat dalam publikasi International Aid Transparency Initiative (IATI), sejak tahun 2009 hingga 2015, Bill and Melinda Gates Foundation tercatat telah menghibahkan dana 1,4 miliar dollar AS untuk mengendalikan penyakit malaria secara global.

Masih terkait penyakit yang disebarkan oleh nyamuk, pada 2014, Bill Gates berkunjung ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia, untuk mendukung upaya pemberantasan Demam Berdarah lewat program Eliminate Dengue.

Tahun 2017, giliran Melinda Gates datang ke Yogyakarta dalam rangka program yang sama hingga rela digigiti nyamuk.

Baca juga: Istri Bill Gates Cari Nyamuk di Yogyakarta

Aneka penyakit lain turut menjadi perhatian BMGF yang mengucurkan dana sebesar 5,5 miliar dollar AS untuk mengontrol penyakit menular dan 1,3 miliar untuk mengontrol penyakit menular seksual (STD), termasuk HIV/AIDS.

BMGF juga menghibahkan dana 1 miliar dollar AS untuk memerangi penyakit Tuberculosis (TBC), serta 1,1 miliar dollar ASuntuk menyediakan perawatan kesehatan, nutrisi, dan sanitasi dasar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Devex
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.