Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Melinda Gates, Mantan Istri Bill Gates Berjiwa Sosial Tinggi dan Cinta Teknologi

Kompas.com - 04/05/2021, 18:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bill dan Melinda Gates baru saja mengumumkan bahwa biduk rumah tangga mereka harus berakhir. Pasangan yang telah dikaruniai tiga anak itu memutuskan untuk bercerai, setelah 27 tahun menikah.

Jika membicarakan sosok Bill Gates, sudah pasti banyak yang mengetahui siapa Bapak Microsoft itu. Namun ketika membicarakan Melinda, belum banyak orang yang mengenal sosoknya.

Selama ini, Melinda seolah berada di bawah bayang-bayang Bill Gates, terutama setelah dia dan sang mantan suami memimpin yayasan Bill and Melinda Gates Foundation.

Baca juga: Kisah Cinta Bill Gates dan Melinda Gates, Sejoli Murah Hati yang Kini Bercerai

Padahal, sosok wanita berusia 56 tahun itu cukup menarik untuk ditelisik. Seperti pandai menggunakan bahasa pemrograman dan penggila game.

Melinda yang bernama lengkap Melinda Ann French, lahir 15 Agustus 1964 di Amerika Serikat. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Raymond Joseph French Jr dan Elaine Agnes Amerland.

Ayahnya adalah insinyur dirgantara, yang bekerja di program antariksa NASA, Apollo. Sementara ibunya adalah ibu rumah tangga. Melinda dibesarkan di Dallas, Texas.

Belajar bahasa pemorgraman dan game komputer

Seperti Bill, Melinda juga senang terhadap dunia teknologi dan ilmu pengetahuan (iptek). Kecintaannya terhadap iptek muncul di saat usia 14 tahun, yakni ketika sang ayah membeli komputer Apple II.

Di usianya yang masih sangat belia, Melinda coba mempelajari bahasa pemrograman BASIC dan game komputer. Ia pun meyakinkan orang tuanya agar mau menempatkan komputer di kamarnya, sehingga dia bisa bermain game.

Melinda pun semakin penasaran dengan dunia komputer dan berniat melanjutkan kuliah di jurusan ilmu komputer Duke University. Setelah lulus strata satu, Melinda mengambil gelar master bisnis di universitas yang sama.

Ia sempat bekerja sebagai pengajar matematika dan ilmu komputer, sebelum disodori tawaran kerja di perusahaan komputer kenamaan, IBM.

Melinda Gates melihat cara kerja bakteri Wolbachia lewat mikroskopMelinda Gates/ Facebook Melinda Gates melihat cara kerja bakteri Wolbachia lewat mikroskop

Tapi Melinda menolaknya dan memilih bekerja di sebuah perusahaan software kecil bernama Microsoft, yang kini menjelma menjadi perusahaan software raksasa.

Melinda masuk ke Microsoft pada 1987 dan menjadi karyawan termuda serta satu-satunya wanita di angkatannya waktu itu.

Jabatan pertama yang diembannya adalah marketing manager dan mengembangkan produk multimedia seperti Microsoft Cinemania, Publisher, Word, dan Expedia.com. Ia lalu menikah dengan Bill Gates pada 1994.

Karena kinerjanya yang positif, Melinda lalu dipromosikan sebagai General Manager of Information Products. Melinda menduduki posisi tersebut hingga mengundurkan diri di tahun 1996.

Mendirikan Bill and Melinda Gates Foundation

Keluar dari Microsoft, Melinda didapuk menjadi dewan pengawas di almamaternya, Duke University dari tahun 1996-2003. Di tahun 1997, Melinda mulai bergerak di bidang advokasi dan literasi bersama Bill Gates, dan mendirikan Gates Library Foundation.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com