Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Stories Bisa Tampilkan Caption Otomatis

Kompas.com - 05/05/2021, 08:36 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram menambah lagi fitur baru untuk Stories. Kali ini, platform berbagi foto dan video itu menambahkan fitur "caption sticker".

Caption sticker memungkinkan pengguna bisa menonton video Instagram Stories tanpa harus mengeraskan volume audio. Sebab, nantinya akan muncul teks semacam subtitle yang sesuai dengan apa yang diucapkan obyek dalam video.

Teks tersebut akan muncul secara otomatis jika pengguna menyematkan caption sticker ini. Fitur ini juga akan membantu pengguna Instagram yang memiliki masalah pendengaran untuk melihat konten video.

Melalui akun Twitter resminya, CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan fitur caption sticker juga akan hadir untuk Reels. Namun, belum diketahui kapan tanggal pastinya.

Baca juga: Instagram Live Terbaru Punya Fitur seperti Zoom

"Sekarang kalian bisa menambahkan caption sticker ke Stories yang akan mengubah apa yang kalian ucapkan ke dalam teks," tulis Mosseri.

Untuk menggunakan caption sticker, penguna cukup mengunggah video dari galeri atau merekam langsung menggunakan kamera Instagram Stories atau Reels di aplikasi Instagram. Kemudian, buka ikon stiker yang ada di sisi atas layar.

Pengguna akan menemukan stiker "caption" yang akan mengubah suara menjadi teks. Yang menarik, teks tersebut juga bisa diedit sesuai kehendak, diatur posisinya, atau diubah warnanya agar lebih estetik.

Sayangnya, sejauh ini fitur caption sticker baru mendukung bahasa Inggris dan baru tersedia di negara berbasis bahasa Inggris saja. Itu artinya, fitur ini belum tersedia di Indonesia.

Namun, Mosseri mengatakan Instagram akan mengusahakan ketersediaan fitur caption sticker lebih banyak negara.

Baca juga: Cara Download Video dari Instagram di Android dan iOS

"Kami juga berharap untuk memperluas (fitur caption sticker) ke beberapa negara," tulis Mosseri.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (5/5/2021), keberadaan fitur caption sticker ini sudah terendus sejak tahun lalu bersama sejumlah fitur lain, seperti Collab sticker, Link sticker, Reshare sticker, dan lainnya.

Bukan hanya Instagram, induk perusahaannya, Facebook juga diketahui sedang mengembangkan fitur caption sticker. Instagram mulai menguji coba fitur ini pada musim semi lalu untuk sejumlah pengguna.

Sebelumnya, Instagram sesumbar telah lebih dulu meluncurkan fitur caption sticker di Threads dan IGTV sebelum menambahkannya ke Stories dan Reels.

Entah sengaja atau kebetulan semata, pengumuman caption sticker ini tidak terpaut jauh dari pengumuman fitur serupa oleh TikTok. Bulan lalu, TikTok mengumumkan fitur bernama auto caption.

Baca juga: TikTok Bisa Tampilkan Caption Otomatis, Begini Caranya

Namun, fitur auto caption sedikit berbeda dengan caption sticker. Auto caption akan menerjemahkan secara otomatis pembicaraan dari video TikTok, yang untuk sementara waktu baru tersedia dalam bahasa Inggris versi Amerika dan bahasa Jepang.

Berbeda dengan caption sticker, teks di auto caption TikTok tidak bisa diedit.

Fitur ini belum terlalu banyak digunakan dan masih banyak kreator TikTok yang lebih memilih membuat caption sendiri atau dibuat oleh aplikasi pihak ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com