Pengguna Shopee Mengeluh Akunnya Terblokir, Ada Apa?

Kompas.com - 05/05/2021, 14:48 WIB
Ilustrasi e-commerce Shopee. Dok. Shutterstock / Sulastri SulatstriIlustrasi e-commerce Shopee.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Shopee di Indonesia mengeluhkan bahwa akun mereka tiba-tiba terblokir tanpa alasan yang jelas. Keluhan mereka banyak bermunculan di jejaring sosial Twitter, Rabu (5/5/2021) siang ini. 

Salah satu keluhan berasal dari pengguna Twitter @_c0rnsalad yang mengaku terkejut akun Shopee miliknya tiba-tiba diblokir tanpa adanya pemberitahuan. Padahal, masih ada transaksi yang belum sempat ia selesaikan.

Baca juga: Induk Shopee Disebut Caplok Bank BKE, Siapkan Bank Digital di Indonesia?

Akun Twitter dengan handle @dyah_kor juga mengalami masalah serupa. Namun, berbeda dengan @_c0rnsalad, akun ini mengklaim tidak melakukan aktivitas apapun di Shopee hari ini.

Ketika masuk ke akunnya, ia mendapati notifikasi berbunyi "akun diblokir" dan langsung dipaksa keluar (logout) akun. Ia lantas mencoba untuk masuk (login) kembali, tapi gagal.

Sebagian pengguna Shopee lain yang sempat terblokir mengaku sudah bisa mengakses akunnya kembali dengan cara melakukan login ulang.

Hanya saja, meski akun sudah bisa diakses lagi, ada yang mengatakan bahwa opsi pembayaran menggunakan ShopeePay jadi tidak bisa digunakan.

Baca juga: Awas, Ada Penipuan Berkedok SPinjam Shopee


Kenapa bisa diblokir?

Menurut penjelasan dari akun resmi @ShopeeCare di Twitter, kendala akses akun terjadi karena sedang ada pemeliharaan sistem yang membuat pengguna tidak bisa login.  

"Maaf atas kendalanya karena ada pemeliharaan sistem. Tapi tidak perlu resah ya, tim Shopee sedang menyelesaikan pemeliharaan tersebut," ujar akun @ShopeeCare sembari membalas keluhan seorang pengguna.

Tidak disebutkan secara spesifik apakah pemeliharaan sistem ini turut membuat akun Shoppe pengguna terblokir atau tidak.

Yang jelas, akun @ShopeeCare menambahkan bahwa pengguna yang terblokir bisa mencoba login secara berkala untuk mengetahui apakah status blokir sudah dicabut atau belum.

Baca juga: Pengamat Komentari Giveaway Shopee Saat Kurirnya Mogok Kerja

Apabila masih terblokir, maka pengguna yang terdampak bisa menghubungi tim @ShopeeCare via Direct Message (DM) Twitter dengan melampirkan informasi username dan tangkapan layar yang menunjukkan bahwa akun Shoppe benar-benar diblokir.

KompasTekno telah menghubungi pihak Shopee Indonesia untuk meminta konfirmasi terkait masalah pemblokiran akun ini, namun masih belum mendapat respon.

Baca juga: Peneliti Komentari Kasus Kurir Shopee Mogok Kerja karena Upah Minim

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.