Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Shopee Mengeluh Akunnya Terblokir, Ada Apa?

Kompas.com - 05/05/2021, 14:48 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Shopee di Indonesia mengeluhkan bahwa akun mereka tiba-tiba terblokir tanpa alasan yang jelas. Keluhan mereka banyak bermunculan di jejaring sosial Twitter, Rabu (5/5/2021) siang ini. 

Salah satu keluhan berasal dari pengguna Twitter @_c0rnsalad yang mengaku terkejut akun Shopee miliknya tiba-tiba diblokir tanpa adanya pemberitahuan. Padahal, masih ada transaksi yang belum sempat ia selesaikan.

Baca juga: Induk Shopee Disebut Caplok Bank BKE, Siapkan Bank Digital di Indonesia?

Akun Twitter dengan handle @dyah_kor juga mengalami masalah serupa. Namun, berbeda dengan @_c0rnsalad, akun ini mengklaim tidak melakukan aktivitas apapun di Shopee hari ini.

Ketika masuk ke akunnya, ia mendapati notifikasi berbunyi "akun diblokir" dan langsung dipaksa keluar (logout) akun. Ia lantas mencoba untuk masuk (login) kembali, tapi gagal.

Sebagian pengguna Shopee lain yang sempat terblokir mengaku sudah bisa mengakses akunnya kembali dengan cara melakukan login ulang.

Hanya saja, meski akun sudah bisa diakses lagi, ada yang mengatakan bahwa opsi pembayaran menggunakan ShopeePay jadi tidak bisa digunakan.

Baca juga: Awas, Ada Penipuan Berkedok SPinjam Shopee


Kenapa bisa diblokir?

Menurut penjelasan dari akun resmi @ShopeeCare di Twitter, kendala akses akun terjadi karena sedang ada pemeliharaan sistem yang membuat pengguna tidak bisa login.  

"Maaf atas kendalanya karena ada pemeliharaan sistem. Tapi tidak perlu resah ya, tim Shopee sedang menyelesaikan pemeliharaan tersebut," ujar akun @ShopeeCare sembari membalas keluhan seorang pengguna.

Tidak disebutkan secara spesifik apakah pemeliharaan sistem ini turut membuat akun Shoppe pengguna terblokir atau tidak.

Yang jelas, akun @ShopeeCare menambahkan bahwa pengguna yang terblokir bisa mencoba login secara berkala untuk mengetahui apakah status blokir sudah dicabut atau belum.

Baca juga: Pengamat Komentari Giveaway Shopee Saat Kurirnya Mogok Kerja

Apabila masih terblokir, maka pengguna yang terdampak bisa menghubungi tim @ShopeeCare via Direct Message (DM) Twitter dengan melampirkan informasi username dan tangkapan layar yang menunjukkan bahwa akun Shoppe benar-benar diblokir.

KompasTekno telah menghubungi pihak Shopee Indonesia untuk meminta konfirmasi terkait masalah pemblokiran akun ini, namun masih belum mendapat respon.

Baca juga: Peneliti Komentari Kasus Kurir Shopee Mogok Kerja karena Upah Minim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com