Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Beli Scroll, Layanan Baca Berita Tanpa Iklan

Kompas.com - 05/05/2021, 16:18 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Twitter sedang di tengah rencana menggarap layanan berlangganan di platformnya. Hal ini terlihat dari akuisisi platform newsletter berlangganan Revue, hingga mengenalkan fitur "Super Follow" untuk konten eksklusif.

Kini, Twitter mengumumkan telah mengakuisisi Scroll, sebuah situs berlangganan yang memungkinkan pelanggan membaca berita tanpa iklan.

Dalam sebuah postingan di blog resmi, VP of product Twitter, Mike Park mengungkapkan bahwa, akuisisi Twitter atas Scroll ini bertujuan untuk memberikan pengalaman membaca berita yang nyaman tanpa iklan bagi pengguna Twitter.

Baca juga: Iklan Digital Tetap Tumbuh Selama Pandemi, Bahkan Pecahkan Rekor 20 Tahun

Selain itu, juga untuk memberikan lebih banyak keuntungan lagi bagi para organisasi berita yang ikut menjadi partner Scroll.

"Ke depannya, Scroll akan menjadi bagian dari layanan berlangganan di Twitter yang sedang kami dalami ini," kata Mike Park.

Nilai akuisisi Twitter atas Scroll sendiri tidak diumbar. Namun, CEO Scroll, Tony Haile mengatakan bahwa salah satu alasan ia menjual perusahaannya adalah karena "ambisi Twitter lebih besar daripada yang disangkakan oleh orang".

Selain itu, hal lain yang membuat Haile akhirnya menjual perusahaannya ialah karena adanya kesamaan visi untuk membantu menciptakan model bisnis yang berkelanjutan bagi industri jurnalisme.

"Misi Jack kepada kami ialah untuk membawa model bisnis dan platform scroll ke Twitter, supaya lebih banyak pengguna Twitter yang bisa menikmati membaca berita tanpa iklan dan mendukung jurnalisme secara berkelanjutan dengan berlangganan," tulis Haile di laman resmi Scroll.

Bukan pengepul berita atau ad-bloker

Tampilan situs berita (kiri) dengan berbagai iklan. Tampilan situs berita (kiri) tanpa iklan yang bisa dinikmati pengguna berlangganan Scroll. Blog Scroll Tampilan situs berita (kiri) dengan berbagai iklan. Tampilan situs berita (kiri) tanpa iklan yang bisa dinikmati pengguna berlangganan Scroll.

Untuk diketahui, Scroll sendiri bukan merupakan situs pengepul berita. Scroll hanyalah sebuah situs yang menyediakan teknologi yang memungkinkan para pelanggan berbayar Scroll bisa membaca berita tanpa iklan.

Pelanggan hanya perlu melakukan login ke situs scroll di browser dan membayar biaya langganan sebesar 5 dollar per bulan (sekitar 72.000).

Biarkan akun scroll tetap dalam keadaan login, setelah itu, pengguna bebas untuk membaca berita dari portal media mana pun di browser (bukan di situs scroll).

Nah, nantinya ketika pengguna mengunjungi suatu situs berita, Scroll ini akan mendeteksi apakah Anda merupakan pelanggan Scroll atau bukan.

Baca juga: Twitter Kenalkan Fitur Super Follow, Bisa untuk Dapatkan Uang

Bila iya, maka Scroll akan secara otomatis tidak menampilkan iklan yang mungkin termuat dalam situs berita yang sedang dikunjungi tersebut.

Walaupun Scroll terkesan bekerja seperti ad-bloker, sebenarnya tidak demikian. Dalam laman resminya, Scroll mengungkapkan bahwa layanannya bukanlah sebuah ad-blocker. Pengguna pun tak perlu memasang ekstensi apapun pada browser-nya.

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com