WhatsApp Pay Resmi Kembali Beroperasi di Brasil

Kompas.com - 05/05/2021, 19:18 WIB
ilustrasi WhatsApp mashable.comilustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Setelah sempat dihentikan pada tahun lalu, layanan dompet digital WhatsApp Pay akhirnya kembali beroperasi di Brasil.Hal tersebut diumumkan pihak WhatsApp melalui akun Twitter resminya.

"Kami tahu bahwa Anda tengah menantinya. Layanan pembayaran di WhatsApp mulai tersedia hari ini di Brasil," tulis akun Twitter WhatsApp Brasil.

WhatsApp Pay bisa beroperasi kembali di Brasil karena telah menerima izin dari bank sentral negara tersebut untuk menjalankan aktivitas transfer uang dari dalam aplikasi. 

Baca juga: Layanan Transfer Uang WhatsApp Pay Dapat Lampu Hijau di Brasil

WhatsApp Pay digelar secara bertahap, dimulai dari sebagian kecil pengguna yang akan memperoleh tool  pembayaran di dalam aplikasi. Mereka kemudian bisa mengundang pengguna lain untuk memakainya.

Para pengguna WhatsApp di Brasil yang berjumlah 120 juta orang pun nantinya akan bisa memakai layanan pesan instan itu untuk mentransfer uang dengan memasukkan nomor kartu debit atau pre-paid.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlahnya hingga 5.000 real Brasil (Rp 13,3 juta) per bulan dengan transfer maksimum 1.000 real Brasil (Rp 2,7 juta) atau 20 kali per hari, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Rabu (5/5/2021).

Untuk saat ini, WhatsApp Pay memang baru bisa digunakan untuk transfer uang dari satu pengguna WhatsApp ke pengguna lainnya (peer-to-peer).

Bank sentral Brasil masih belum memberikan WhatsApp Pay izin untuk transaksi dengan merchant. Fitur tersebut kemungkinan baru akan menyusul hadir akhir tahun ini setelah didiskusikan oleh bank sentral Brasil dan Facebook selaku pemilik WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Rilis 6 Stiker Animasi Baru, Begini Cara Mendapatkannya

Sebelumnya, WhatsApp Pay sempat beroperasi di Brasil pada Juni 2020, namun segera diblokir tak lama setelahnya karena belum memiliki lisensi yang diperlukan dari bank sentral.

WhatsApp Pay mendapat lampu hijau setelah menggandeng jaringan kartu Visa dan Mastercard serta Cielo SA sebagai payment processor. Facebook juga membuka unit usaha baru bernama Facebook Pagamentos do Brasil yang diregulasi oleh bank sentral Brasil.

Brasil adalah negara kedua di mana layanan WhatsApp Pay sudah resmi beroperasi. Sebelumnya, WhatsApp Pay sudah digelar di India yang merupakan pasar terbesar WhastApp dengan 400 juta pengguna.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X