Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logo Apple di Punggung iPhone Bisa Disulap Jadi Tombol, Begini Caranya

Kompas.com - 07/05/2021, 03:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Logo Apple pada iPhone sekarang tak hanya sebagai penanda merek dan hiasan saja, melainkan bisa disulap menjadi tombol pintasan untuk menjalankan berbagai fungsi dan aplikasi.

Ini dimungkinkan karena adanya fitur bernama "Back Tap" yang mampu mengubah logo Apple menjadi tombol pintasan untuk melakukan sejumlah aksi, hanya dengan gestur ketukan.

Perlu dicatat, fitur ini hanya tersedia bagi perangkat iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 14 atau yang lebih baru saja.

Baca juga: iPhone Bukan Ponsel Pertama Tanpa Colokan Earphone

Lantas bagaimana cara megubah logo Apple jadi tombol pintasan? Sederhana saja, pengguna hanya perlu membuka menu Settings > Accessibility > Touch > Back Tap.

Di menu Back Tap ini ada dua opsi pengaturan, yaitu "double tap" dan "triple tap". Pengguna bisa memilih aksi apa yang ingin diterapkan bila mengetuk dua kali (double tap) atau tiga kali (triple tap) pada logo Apple di iPhone miliknya.

Pengguna akan disajikan 22 jenis aksi yang bisa dijalankan secara instan dengan mengetuk dua atau tiga kali pada logo Apple.

Pengaturan fitur Back Tap pada iPhone.buymobiles.net Pengaturan fitur Back Tap pada iPhone.

Ke-22 jenis aksi tersebut di antaranya adalah App Switcher Control Center, Home, Lock Screen, Mute, Notification Center, Reachability, Screenshot, serta Shake.

Kemudian, pengguna juga bisa menjalankan Siri, Spotlight, Volume Down, Volume Up, AssistiveTouch, Classic Invert, Magnifier, Smart Invert, Speak Screen, VoiceOver, Zoom, Scroll Down, hingga Scroll Up, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Jumat (7/5/2021).

Baca juga: Harga iPhone 12 Terbaru di Indonesia Mei 2021

Pengguna bisa memilih masing-masing satu aksi pada opsi "double tap" dan "triple tap". Misalnya, pengguna memilih aksi Lock Screen untuk "double tap" dan aksi screenshot untuk "triple tap".

Setelah fitur Back Tap ini aktif, pengguna hanya perlu mengetuk logo Apple sebanyak dua kali untuk mengunci iPhone. Dan bila ingin menangkap tampilan layar, penggua tinggal mengetuk sebanyak tiga kali pada logo Apple.

Pengguna bisa mengubah pengaturan fitur "Back Tap ini" setiap saat. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ZDNet


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com