Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Marketplace Online Paling Ramai Pengunjung di Asia Tenggara

Kompas.com - 10/05/2021, 15:27 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab transaksi belanja online di aneka platform e-commerce meningkat drastis.

Baru-baru ini, Web Retailer mempublikasi daftar 10 marketplace online yang paling banyak dikunjungi di Asia Tenggara, dari segi jumlah pengunjung per bulan.

Tiga di antara lokapasar paling ramai ini berasal dari Indonesia. Berikut daftar selengkapnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Web Retailers, Senin (10/5/2021).

1. Shopee

Di posisi paling atas, Shopee yang berasal  dari Singapura menjadi marketplace dengan pengunjung terbanyak di Asia Tenggara untuk saat ini, dengan total 197,8 juta kunjungan per bulan.

Marketplace di bawah naungan perusahaan SEA Group ini sekarang sudah beroperasi di delapan negara, termasuk di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, hingga Brazil.

Baca juga: Flash Sale Shopee, Pengguna Keluhkan Transaksi Batal dan Akun Diblokir

Dari kedelapan wilayah operasi tersebut, Indonesia tercatat sebagai pangsa pasar terbesar Shopee yang menyumbang sebanyak 76,2 juta kali kunjungan per bulan.

2. Lazada

Selanjutnya, platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi ialah Lazada, dengan total 161,7 juta pengunjung bulanan.

Lazada sebenarnya telah beroperasi di beberapa negara ASEAN. Total kunjungannya terbanyak berasal dari negara Thailand (39,4 juta), Filipina (38,6 juta), serta Indonesia (29,3 juta).

Baca juga: Sejarah Alibaba, E-commerce Buatan Jack Ma yang Terinspirasi Cerita 1001 Malam

Marketplace yang juga berasal dari Singapura ini didirikan pada 2012. Pada 2016, Lazada telah resmi diakuisisi oleh raksasa e-commerce China, Alibaba.

3. Tokopedia

Selanjutnya ada Tokopedia. Platform e-commerce asal Indonesia ini tercatat memiliki total 72,4 juta pengunjung bulanan, sehingga menduduki urutan ketiga dalam hal jumlah kunjungan di Asia Tenggara.

Marketplace yang didirikan pada 2009 ini disebutkan telah memiliki 10 juta penjual dan 100 juta pengguna aktif. Tokopedia kini sedang santer dikabarkan akan segera merampungkan merger dengan perusahaan ride-hailing Gojek.

4. Bukalapak

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com