Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Screen Recorder untuk Merekam Layar di Ponsel Samsung

Kompas.com - 10/05/2021, 20:02 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur Screen Recorder atau perekam layar kini sudah banyak diimplementasikan oleh para vendor ponsel Android di perangkat masing-masing, termasuk Samsung.

Pabrikan asal Korea Selatan itu telah menyertakan fitur Screen Recorder sebagai bawaan sistem di ponsel Galaxy yang sudah menjalankan sistem operasi Android 11, seperti seri Galaxy S10, Galaxy S20, dan Galaxy Note 20 atau yang lebih baru.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 Ultra Bisa Rekam Video 120 Fps, Apa Fungsinya?

Screen Recorder praktis karena bisa langsung diakses dari bar notifikasi untuk langsung merekam tampilan layar ponsel. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Senin (10/5/2021).

1. Untuk mengakses fitur Screen Record, Anda cukup mengusap layar bagian atas ke bawah untuk membuka menu "Quick Settings".

2. Di halaman "Quick Settings", scroll layar ke kiri hingga menemukan ikon "Screen Recorder". Jika tidak ada, Anda bisa mengklik ikon pensil di pojok kiri bawah untuk menemukan opsi perekaman layar.

Cara menggunakan fitur screen record di ponsel SamsungKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara menggunakan fitur screen record di ponsel Samsung

3. Sebelum merekam layar, pengguna bisa mengatur sumber suara yang ingin direkam, yakni dari audio perangkat, audio perangkat dan mikrofon, atau tidak mrekam suara sama sekali.

4. Setelah memilih salah satu opsi tersebut, Anda bisa langsung menekan tombol "Start Recording" untuk memulai perekaman layar.

5. Jika sudah selesai, Anda cukup menyentuh opsi "Tap to Stop" (tombol kotak) di bagian kiri atas dan proses perekaman layar pun akan dihentikan.

Cara menggunakan fitur screen record di ponsel SamsungKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara menggunakan fitur screen record di ponsel Samsung

6. Hasil rekaman akan tersimpan dan dapat dilihat di galeri ponsel. Anda juga bisa mengeceknya lewat aplikasi Google Photos yang terpasang di perangkat Anda.

7. Lewat Google Photos, Anda bisa menyunting hasil rekaman layar tersebut seperti mempersingkat durasi atau memotong klip video yang dianggap tidak penting.

Baca juga: Samsung Galaxy S20 dan Note 20 Kebagian Fitur Kamera ala Galaxy S21

8. Setelah diedit, video tersebut bisa dibagikan ke platform lainnya yang dikehendaki pengguna.

Perlu dicatat, fitur perekaman layar bawaan sini hanya tersedia untuk pengguna smartphone Galaxy yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 11.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com