Oppo Kuasai Pasar Smartphone Indonesia, Samsung Kembali Menguat

Kompas.com - 11/05/2021, 14:13 WIB
Suasana ITC Roxy Mas, salah satu pusat belanja ponsel terbesar di Jakarta. Kompas.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiSuasana ITC Roxy Mas, salah satu pusat belanja ponsel terbesar di Jakarta.

KOMPAS.com - Firma riset pasar Canalys kembali merilis laporan pengiriman smartphone untuk kuartal pertama (Q1) 2021. Laporan tersebut berisi jumlah pengiriman smartphone secara global dan regional (negara). 

Berdasarkan data yang diperoleh KompasTekno dari Shengtao Jin, Research Analyst di kantor Canalys Singapura, pasar smartphone di Indonesia masih dikuasai oleh vendor yang sama dengan beberapa kuartal sebelummya.

Hanya saja, peringkat mereka kini bergeser dibanding kuartal sebelumnya pada 2020 lalu.

Pada kuartal pertama 2021 ini, Oppo menggeser posisi Vivo di posisi nomor wahid. Pangsa pasar Oppo di Indonesia kini sebesar 24 persen, naik 39 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Oppo Vendor Ponsel 5G Android Terbesar Saat Ini

Posisi kedua dihuni Samsung yang naik tiga angka dari kuartal IV-2020. Vendor asal Korea Selatan itu meraup 19 persen pangsa pasar. Angka tersebut turun 5 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Vivo yang memimpin pada kuartal-IV 2020 lalu, kini tergelincir ke posisi tiga dengan pangsa pasar 19 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dibanding periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Vivo saat ini naik 17 persen. Sementara di posisi keempat ada Xiaomi yang mencaplok 18 persen pangsa pasar.

Kendati turun dari kuartal sebelumnya, pangsa pasar Xiaomi naik 37 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Senasib dengan Xiaomi, pangsa pasar Realme merosot ke posisi lima dengan persentase 12 persen. Angka tersebut naik 39 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Sayangnya, dalam laporan ini Canalys tidak merinci lebih detail berapa volume smartphone yang dikirimkan masing-masing vendor smartphone.

Baca juga: Apple Tak Lagi Jadi Merek Smartphone Nomor Satu

 

Vendor Total pangsa pasar (%) Kenaikan/Penurunan (%)
Oppo 24 +39
Samsung 19 -5
Vivo 19 +17
Xiaomi 18 +37
Realme 12 +39

sumber tabel: data Canalys

Pangsa pasar global

Secara global, Canalys mencatat pasar smartphone tumbuh 27 persen pada kuartal I-2021.

Total ada 347 unit smartphone yang dikirim pada periode tersebut. Pada level global, Samsung menduduki peringkat pertama dengan pangsa pasar 22 persen dengan pengiriman 76,5 juta ponsel.

Lalu posisi kedua diisi oleh Apple dengan pangsa pasar 15 persen dengan pengiriman 52,4 juta unit smartphone.

Xiaomi menempati urutan ketiga dengan pangsa pasar 14 persen. Menurut Canalys, pengiriman smartphone Xiaomi naik 62 persen dengan pengiriman 49 juta unit ponsel pintar.

Oppo dan Vivo masing-masing menempati urutan keempat dan kelima dengan pangsa pasar 11 persen dan 10 persen secara berurutan. Oppo mengirimkan 37,6 juta unit smartphone sementara Vivo mengirimkan 36 juta unit.

Baca juga: Pasaran Smartphone Dunia Diprediksi Baru Pulih pada 2022


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Canalys
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.