Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Lampiran Gmail sebagai File PDF, Langsung dari Browser

Kompas.com - 11/05/2021, 15:12 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berkirim berkas (file) melalui lampiran e-mail sudah menjadi hal lumrah untuk dilakukan saat ini. Untuk memudahkan penyimpanan, setiap browser kini sudah menyediakan opsi menyimpan berkas secara langsung dalam format Portable Document Format (PDF).

Berkas lampiran e-mail yang bisa disimpan langsung menjadi PDF di antaranya yang memiliki format pptx (PowerPoint), docx (Ms Word), xlsx (Excel), hingga JPG. Dengan demikian, pengguna tak perlu repot mengunduh file dan mengubahnya menjadi PDF secara manual.

Baca juga: Cara Membuat Dokumen Kertas Jadi PDF di Android

Salah satu keuntungan menyimpan berkas dalam format PDF adalah memudahkan pengguna untuk mengaksesnya di kemudian hari. Ini karena berkas dalam format PDF tak akan berubah tata letak isinya, sekalipun dibuka pada perangkat atau software yang berbeda.

Untuk layanan Gmail cara menyimpan e-mail dalam format PDF secara langsung dengan memanfaatkan opsi print (cetak) bawaan yang tersedia pada setiap browser adalah sebagai berikut

Cara menyimpan berkas lampiran Gmail sebagai PDF secara langsung dari peramban

Pengguna bisa menyimpan e-mail sebagai PDF menggunakan berbagai browser, misalnya Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, hingga Safari.

Berikut langkah-langkahnya bila menyimpan e-mail menggunakan browser Chrome.

  • Buka browser favorit Anda
  • Akses gmail.com, lalu login
  • Buka berkas e-mail yang ingin disimpan sebagai PDF
  • Klik ikon printer
  • Lalu pengguna akan dialihkan ke tab baru, klik ikon printer lagi
  • Pada bagian destination pilih opsi "Save as PDF"

Saat mengklik ikon printer, pilih opsi Save as PDF untuk menyimpan berkas e-mail sebagai PDF.HowtoGeek Saat mengklik ikon printer, pilih opsi Save as PDF untuk menyimpan berkas e-mail sebagai PDF.

  • Klik Save
  • Pilih lokasi penyimpanan berkas
  • Ubah nama file sesuai keinginan
  • Terakhir, klik save

Dengan begitu, dokumen lampiran e-mail tersebut akan tersimpan secara otomatis dalam format PDF di lokasi yang sudah dipilih.

Perlu diingat bahwa proses menyimpan e-mail sebagai PDF pada browser lain mungkin akan sedikit berbeda. Misalnya, di Firefox dan Edge, opsi menyimpan PDF bukan dituliskan sebagai "Save as PDF" seperti di Chrome, melainkan ditulis sebagai "Microsoft Print to PDF".

Baca juga: Pendiri Adobe Sekaligus Penemu PDF Tutup Usia

Untuk selebihnya, prosesnya lebih kurang tetap sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari HowtoGeek, Selasa (11/5/2021).

Tips lain, untuk pengguna Firefox. Bila muncul notifikasi pemblokiran saat meng-klik "print", Anda hanya perlu meng-klik "preference" di bagian atas jendela peramban, pilih “Allow pop-ups for mail.google.com”,  coba klik "print" kembali.

Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com