Cara Menyimpan Lampiran Gmail sebagai File PDF, Langsung dari Browser

Kompas.com - 11/05/2021, 15:12 WIB
Ilustrasi menyimpan e-mail sebagai PDF secara langsung melalui browser laptop. Shutterstock via Business InsiderIlustrasi menyimpan e-mail sebagai PDF secara langsung melalui browser laptop.

KOMPAS.com - Berkirim berkas (file) melalui lampiran e-mail sudah menjadi hal lumrah untuk dilakukan saat ini. Untuk memudahkan penyimpanan, setiap browser kini sudah menyediakan opsi menyimpan berkas secara langsung dalam format Portable Document Format (PDF).

Berkas lampiran e-mail yang bisa disimpan langsung menjadi PDF di antaranya yang memiliki format pptx (PowerPoint), docx (Ms Word), xlsx (Excel), hingga JPG. Dengan demikian, pengguna tak perlu repot mengunduh file dan mengubahnya menjadi PDF secara manual.

Baca juga: Cara Membuat Dokumen Kertas Jadi PDF di Android

Salah satu keuntungan menyimpan berkas dalam format PDF adalah memudahkan pengguna untuk mengaksesnya di kemudian hari. Ini karena berkas dalam format PDF tak akan berubah tata letak isinya, sekalipun dibuka pada perangkat atau software yang berbeda.

Untuk layanan Gmail cara menyimpan e-mail dalam format PDF secara langsung dengan memanfaatkan opsi print (cetak) bawaan yang tersedia pada setiap browser adalah sebagai berikut

Cara menyimpan berkas lampiran Gmail sebagai PDF secara langsung dari peramban

Pengguna bisa menyimpan e-mail sebagai PDF menggunakan berbagai browser, misalnya Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, hingga Safari.

Berikut langkah-langkahnya bila menyimpan e-mail menggunakan browser Chrome.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Buka browser favorit Anda
  • Akses gmail.com, lalu login
  • Buka berkas e-mail yang ingin disimpan sebagai PDF
  • Klik ikon printer
  • Lalu pengguna akan dialihkan ke tab baru, klik ikon printer lagi
  • Pada bagian destination pilih opsi "Save as PDF"

Saat mengklik ikon printer, pilih opsi Save as PDF untuk menyimpan berkas e-mail sebagai PDF.HowtoGeek Saat mengklik ikon printer, pilih opsi Save as PDF untuk menyimpan berkas e-mail sebagai PDF.

  • Klik Save
  • Pilih lokasi penyimpanan berkas
  • Ubah nama file sesuai keinginan
  • Terakhir, klik save

Dengan begitu, dokumen lampiran e-mail tersebut akan tersimpan secara otomatis dalam format PDF di lokasi yang sudah dipilih.

Perlu diingat bahwa proses menyimpan e-mail sebagai PDF pada browser lain mungkin akan sedikit berbeda. Misalnya, di Firefox dan Edge, opsi menyimpan PDF bukan dituliskan sebagai "Save as PDF" seperti di Chrome, melainkan ditulis sebagai "Microsoft Print to PDF".

Baca juga: Pendiri Adobe Sekaligus Penemu PDF Tutup Usia

Untuk selebihnya, prosesnya lebih kurang tetap sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari HowtoGeek, Selasa (11/5/2021).

Tips lain, untuk pengguna Firefox. Bila muncul notifikasi pemblokiran saat meng-klik "print", Anda hanya perlu meng-klik "preference" di bagian atas jendela peramban, pilih “Allow pop-ups for mail.google.com”,  coba klik "print" kembali.

Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.