Facebook Bakal Ingatkan Pengguna untuk Baca Sebelum "Share" Berita

Kompas.com - 12/05/2021, 11:35 WIB
ilustrasi Facebook News Feed slashgear.comilustrasi Facebook News Feed

KOMPAS.com - Facebook masih berjibaku menangkal peredaran hoaks dan berita keliru di platform-nya. Satu per satu fitur baru diperkenalkan demi meminimalisasi perederan berita-berita tersebut.

Seperti baru-baru ini, Facebook dilaporkan tengah menguji coba fitur notifikasi pop-up yang berfungsi untuk memastikan pengguna telah membaca artikel berita terlebih dahulu, sebelum mereka membagikannya secara luas, baik ke sesama teman maupun ke grup percakapan.

Artinya, sebelum mereka membagi berita, Facebook bakal mencegat pengguna dengan jendela pop-up untuk mengingatkan bahwa mereka memang sudah membaca artikel tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Favourites di Facebook agar Tak Ketinggalan Berita

"Mulai hari ini, kami (Facebook) menguji coba cara baru untuk membagikan artikel berita. Jika Anda ingin membagikan tautan artikel berita yang belum Anda buka, kami akan menampilkan pesan yang mendorong Anda untuk membuka dan membacanya terlebih dahulu, sebelum membagikannya ke orang lain," tulis Facebook.

Isi pop-up tersebut berbunyi "Jika ingin membagikan artikel tanpa membacanya terlebih dahulu, maka Anda akan kehilangan fakta-fakta yang sebenarnya,"isi pop-up tersebut.

Pop-up akan muncul ketika pengguna berniat untuk membagikan artikel yang belum mereka buka. Nantinya, Facebook akan menanyakan pengguna lewat jendela pop-up, apakah mereka ingin membuka artikel "Open Article" atau membagikannya ke orang lain "Continue Sharing".

Baca juga: Twitter Paksa Pengguna Baca Artikel sebelum Retweet Link Berita

Facebook uji coba fitur pop-up baru untuk mencegat pengguna membaca artikel berita dahulu sebelum membagikannyaFacebook Newsroom Facebook uji coba fitur pop-up baru untuk mencegat pengguna membaca artikel berita dahulu sebelum membagikannya

Pop-up ini sejatinya dihadirkan oleh Facebook dalam rangka memerangi peredaran misinformasi di platfrom-nya. Sebab, kabar bohong alias hoaks sangat mudah beredar di internet melalui beragam kanal, seperti di jejaring sosial Facebook.

Baca juga: Facebook Peringatkan Pengguna Saat Akan Share Berita Lawas

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mobile Syrup, Rabu (12/5/2021), pop-up baru ini sementara masih dalam tahap uji coba untuk sebagian pengguna Facebook berbasis Android.

Belum diketahui kapan fitur pop-up penangkal berita hoaks ini bakal digulirkan secara meluas bagi pengguna Facebook. Kita tunggu saja.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X