"Hey Guys" Jadi Kalimat Pembuka yang Paling Sering Dipakai Vlogger di YouTube

Kompas.com - 13/05/2021, 20:09 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - YouTuber biasanya memiliki ciri khas sendiri untuk menyapa penonton di awal video. Tapi, ada satu sapaan yang paling banyak digunakan YouTuber di seluruh dunia.

Adalah "Hey Guys", yang jadi salam pembuka paling sering digunakan para YouTuber. Menurut laporan YouTube, sapaan "Hey Guys" diucapkan di 36 persen video yang tayang sepanjang 2020 dari seluruh dunia.

Dalam laporan ini, YouTube menghimpun video yang masuk kategori vlog dengan minimal penonton 20.000 penonton dan kanal yang memiliki minimal 20.000 subscriber. Totalnya ada 1 juta video yang diriset.

Kemudian, YouTube mengurai caption masing-masing video, baik caption otomatis maupun caption manual yang dibuat kreator.

"Hasilnya mengonfirmasi keunggulan 'Hey Guys', tapi juga mengungkap fakta-fakta menarik lainnya tentang keunikan salam pembuka video dari berbagai belahan dunia," jelas pihak YouTube.

Baca juga: Ganti Nama Channel YouTube Kini Lebih Mudah, Begini Caranya

Setelah "Hey Guys", sapaan lain yang mulai populer digunakan adalah "Good Morning". Sementara itu, sapaan "Hi everyone" (hai, semua) perlahan-lahan mulai ditinggalkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Kamis (13/5/2021), popularitas sapaan "Hey Guys" tidak akan mutlak seterusnya.

Pasalnya, jika dilihat satu per satu dari kategori video yang ada di YouTube, sapaan lain juga banyak digunakan dan diunggulkan dibanding "Hey Guys".

Misalnya untuk video di kanal kategori fitness yang lebih banyak menggunakan kata pembuka "What's Up".

Lalu para vlogger di kategori travel justru lebih sering menggunakan kata pembuka "Good Morning" dan "What's Up".

Baca juga: Begini Cara Hemat Kuota saat Nonton YouTube

Begitu pula untuk kategori video soal teknologi, banyak yang menggunakan sapaan "ladies and gentleman". YouTube juga menemukan sapaan populer lain di beberapa negara, terutama yang menggunakan bahasa lokal.

Seperti di Brasil yang banyak menggunakan sapaan "Oi gente" (hey guys), Meksiko menggunakan "hola amigos" (halo teman-teman), atau YouTuber Perancis yang menggunakan "Bonjour à tous" atau "Hello to all".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Tech Radar
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.