Asal Muasal Game Dinosaurus Chrome yang Bisa Dimainkan 17 Juta Tahun

Kompas.com - 15/05/2021, 12:05 WIB
Ilustrasi Google Chrome forbes.comIlustrasi Google Chrome

KOMPAS.com - Pengguna Google Chrome tentu akrab dengan easter egg berupa game dinosaurus yang muncul di peramban tersebut saban komputer tak terhubung ke jaringan internet.

Game side-scrolling ini bisa dimainkan dengan menekan tombol spacebar di komputer atau mengetuk layar ponsel untuk membuat karakter dinosaurus berjenis Tryannosaurus Rex (T-Rex) berjalan dan melompati kaktus di padang pasir.

Meskipun seakan bisa dimainkan tanpa henti, ternyata game tersebut punya batas waktu, walau sangat lama, yakni 17 juta tahun. Perancang UX Chrome, Edward Jung, sengaja memberi pembatasan itu agar sama dengan masa eksistensi T-Rex di Bumi dulu.

Baca juga: Google Chrome Kini Tampilkan Subtitle Video secara Real Time

"Tapi mungkin nanti tombol spacebar Anda tak akan terasa seperti dulu lagi," ujar Jung bercanda, dalam sebuah posting di Blog Google.

Ide untuk membuat game browser yang bisa dimainkan saat komputer sedang offline mengemuka pada awal 2014, sebelum dirilis pada tahun itu juga.

Tampilan permainan game dino di browser Chrome.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan permainan game dino di browser Chrome.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Nama awalnya adalah "Project Bolan", diambil dari  Marc Bolan, penyanyi utama band rock tahun 1970-an, bernama T-Rex.

Desainer Chrome Sebastien Gabriel mengatakan game dinosaurus ini bermakna "kembali ke zaman prasejarah"  "Maksudnya saat belum ada Wi-Fi," ujar Gabriel dalam posting blog yang sama, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (15/5/2021).

Baca juga: Google Chrome Versi Terbaru Lebih Hemat Memori

Desainer Chrome lainnya, Alan Bettes mengatakan karakter T-Rex sengaja dibuat dalam bentuk piksel dan memiliki gerakan kaku, karena ingin memberikan sensasi ala video game jadul kepada pengguna,

Kendati seringnya muncul ketika Chrome sedang offline, pengguna sebenarnya tetap bisa memainkan game ini saat terhubung dengan internet, caranya adalah dengan mengakses URL chrome://dino.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.