Ini Alasan Kenapa Smartphone Berbentuk Persegi Panjang

Kompas.com - 15/05/2021, 15:35 WIB
ilustrasi smartphone Android cnetilustrasi smartphone Android
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Mayoritas smartphone saat ini bisa dibilang berbentuk persegi panjang atau biasa dikenal dengan bentuk yang menyerupai cokelat batangan, alias "candy bar".

Namun, pernahkah Anda berpikir mengapa desain ponsel harus seperti itu? Mengapa tidak berbentuk lingkaran, segitiga, trapesium, atau bidang lainnya?

Menurut Executive Creative Director dari perusahaan desain asal AS Frog Design, Max Burton, ponsel berbentuk persegi panjang karena secara historis desainnya memang dirancang seperti itu.

"Sebagian besar ponsel genggam pertama di dunia berbentuk persegi panjang," kata Burton

Desain semacam ini, lanjut Burton, terbilang masuk akal. Sebab, bentuk persegi panjang memungkinkan beragam komponen smartphone, seperti layar, keypad, mikrofon, antena, speaker, dan lain sebagainya bisa diposisikan dengan mudah.

Baca juga: Daftar 10 Smartphone dengan Kinerja Baterai Terbaik

Alasan lain dijelaskan melalui sebuah video berjudul "That's Why Smartphones Are Rectangular" yang diunggah di kanal YouTube yang biasa membagikan berbagai informasi dan pengetahuan umum, Bright Side.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Desain persegi panjang adalah desain yang paling cocok di smartphone karena memiliki orientasi layar portrait dan landscape," tutur Bright Side.

Dengan adanya orientasi layar, Bright Side mengatakan bahwa penggguna bisa memutar ponselnya dengan mudah ke kiri atau ke kanan untuk berbagai kepentingan, seperti membaca buku atau menonton video.

"Bayangkan jika bentuk layar smartphone lingkaran, Anda akan sulit untuk memutarnya dan menempatkan sisi atas yang ditampilkan di layar pada tempatnya," imbuh Bright Side.

Bright Side juga menjelaskan bahwa desain ponsel diadaptasi dari berbagai obyek sehari-hari yang memang berbentuk persegi panjang, seperti kertas, buku, foto, dan lain sebagainya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.