Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aplikasi yang Banyak Diakses Pelanggan Telkomsel Selama Ramadhan 2021

Kompas.com - 16/05/2021, 16:06 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, operator seluler Telkomsel mencatat trafik layanan data yang melonjak sekitar 39 persen, dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya.

Hal tersebut juga didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital, sebagai sarana silaturahmi virtual.

Adapun enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan Telkomsel antara lain YouTube, Facebook, WhatsApp, Instagram, Tiktok, dan Mobile Legends.

Baca juga: Telkomsel Kembali Kucurkan Dana ke Gojek Rp 4,3 Triliun

Di sisi lain, layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa.

Telkomsel juga mencatat kenaikan di platform digital dan virtual, seperti layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12 persen, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410 persen, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68 persen dibandingkan hari biasa.

"Secara umum masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 1442 H masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring," kata Direktur Network Telkomsel, Nugroho.

"Seperti layanan video communication dan video streaming yang secara total berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53 persen atau masing-masing tumbuh sekira 14 persen dan 22 persen, dibandingkan dengan hari biasa," lanjut Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Lolos Seleksi Lelang Frekuensi 2,3 GHz, Ini Tanggapan Telkomsel, XL, dan Smartfren

Untuk trafik aktivitas digital lain, seperti layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81, 36, dan 7 persen selama Ramadan dan Idul Fitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa.

Secara berurut, lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13 persen), Jawa Timur (12 persen) dan Jawa Tengah (11 persen) dibandingkan dengan hari biasa.

Telkomsel sendiri telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 point of Interest (POI) yang secara khusus difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik.

"Semoga semua upaya yang kami lakukan dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah kepada pelanggan dalam menjalani aktivitas ibadah Ramadan dan merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 H," pungkas Nugroho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com