Kompas.com - 17/05/2021, 07:10 WIB

KOMPAS.com - Teknologi 5G saat ini belum diimplementasikan secara komersil di Indonesia. Namun, tanda-tanda kehadiran suksesor 4G tersebut makin hari makin terendus.

Salah satunya melalui sebuah video terkait 5G yang diunggah kanal YouTube operator seluler Telkomsel baru-baru ini.

Video berdurasi sekitar 4 menit tersebut sebenarnya tidak menguak kapan Telkomsel bakal meluncurkan 5G di Indonesia.

Namun di dalamnya, Komisaris Utama Telkomsel, Wisnutama Kusubandio membeberkan berbagai fakta terkait potensi jaringan 5G di Tanah Air, apabila nanti sudah diimplementasikan secara merata oleh Telkomsel.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Indonesia Hati-hati Hadapi Era 5G

"Teknologi 5G akan menjadi game changer bagi bangsa Indonesia," ujar Wishnutama dalam sebuah video dikutip KompasTekno dari kanal YouTube Telkomsel, Senin (17/5/2021).

Komisaris Utama Telkomsel, Wishnutama Kusubandio dalam sebuah video terbaru yang diunggah Telkomsel terkait 5G.Youtube/Telkomsel Komisaris Utama Telkomsel, Wishnutama Kusubandio dalam sebuah video terbaru yang diunggah Telkomsel terkait 5G.

Disebut sebagai game changer karena teknologi 5G dibekali dengan berbagai peningkatan dari generasi sebelumnya (4G).

Dari segi kecepatan, misalnya, kecepatan unduh (download) 5G bisa mencapai 20 Gbps, atau 20 kali lipat lebih cepat dibanding 4G yang mentok di 1 Gbps.

"Untuk download video berdurasi 2 jam, kita hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja," klaim Wishnutama.

Lalu, 5G juga diklaim memiliki latency 1 ms (10 kali lebih rendah dari 4G) dan mampu menampung sekitar 1 juta perangkat dalam radius 1 km2, lebih banyak 10 kali lipat dari teknologi 4G.

Potensi 5G di Indonesia

Dengan berbagai peningkatan tersebut, teknologi 5G tentunya bakal menghadirkan banyak potensi dan keuntungan bagi masyarakat Indonesia di berbagai segmen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.