Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Clubhouse Android Hadir di Semua Negara Pekan Ini

Kompas.com - 17/05/2021, 08:33 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Layanan media sosial berbasis suara, Clubhouse, mulai menyalurkan aplikasinya untuk platform Android ke sejumlah negara pada pekan lalu, dimulai dari Amerika Serikat.

Sekarang, ketersediaan versi Android dari Clubhouse telah diperluas ke sejumlah negara lian. Negara-negara selebihnya di seluruh dunia dijadwalkan sudah kebagian menjelang akhir pekan ini.

Baca juga: Clubhouse Akhirnya Hadir di Android, Pengguna di Indonesia Bisa Mendaftar

"Clubhouse akan hadir di Jepang, Brasil, dan Rusia pada hari Selasa. Nigeria, India pada hari Jumat, dan seluruh negara di dunia akan tersedia pada Jumat sore," tulis Clubhouse dalam kicauan di Twitter, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (17/5/2021).

Sebelumnya, saat pertama kali diperkenalkan, Clubhouse mengatakan aplikasi Androidnya masih berstatus beta untuk mengumpulkan feedback.

Aplikasi yang bisa dijalankan oleh perangkat dengan OS Android 8.0 ke atas ini sudah ada di Google Play Store untuk wilayah Indonesia, tapi pengguna baru bisa belakukan pra-registrasi saja melalui tautan berikut.

Clubhouse merupakan media sosial berbasis suara di mana penggunanya bisa melakukan streaming audio, panggilan telepon, hingga membuat acara dengan topik khusus yang dikemas dalam bentuk podcast.

Aplikasi ini dirilis pertama kali untuk iOS di Amerika Serikat pada Maret 2020 lalu dan mendadak populer setelah digunakan oleh CEO Tesla, Elon Musk. Kendati demikian, popularitas Clubhouse sebenarnya sudah menurun.

Baca juga: Tanda Popularitas Clubhouse Mulai Menurun

Pada Maret 2021 jumlah unduhan Clubhouse turun menjadi 2,7 juta. Tren itu berlanjut hingga April, di mana jumlah unduhan Clubhouse semakin berkurang drastis, yakni hanya mencapai 992.000 unduhan saja secara global.

Mungkinkah Clubhouse akan kembali naik daun setelah resmi hadir di Android?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitter


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com