Aplikasi Clubhouse Android Hadir di Semua Negara Pekan Ini

Kompas.com - 17/05/2021, 08:33 WIB
ilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse Global Timesilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Layanan media sosial berbasis suara, Clubhouse, mulai menyalurkan aplikasinya untuk platform Android ke sejumlah negara pada pekan lalu, dimulai dari Amerika Serikat.

Sekarang, ketersediaan versi Android dari Clubhouse telah diperluas ke sejumlah negara lian. Negara-negara selebihnya di seluruh dunia dijadwalkan sudah kebagian menjelang akhir pekan ini.

Baca juga: Clubhouse Akhirnya Hadir di Android, Pengguna di Indonesia Bisa Mendaftar

"Clubhouse akan hadir di Jepang, Brasil, dan Rusia pada hari Selasa. Nigeria, India pada hari Jumat, dan seluruh negara di dunia akan tersedia pada Jumat sore," tulis Clubhouse dalam kicauan di Twitter, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (17/5/2021).

Sebelumnya, saat pertama kali diperkenalkan, Clubhouse mengatakan aplikasi Androidnya masih berstatus beta untuk mengumpulkan feedback.

Aplikasi yang bisa dijalankan oleh perangkat dengan OS Android 8.0 ke atas ini sudah ada di Google Play Store untuk wilayah Indonesia, tapi pengguna baru bisa belakukan pra-registrasi saja melalui tautan berikut.

Clubhouse merupakan media sosial berbasis suara di mana penggunanya bisa melakukan streaming audio, panggilan telepon, hingga membuat acara dengan topik khusus yang dikemas dalam bentuk podcast.

Aplikasi ini dirilis pertama kali untuk iOS di Amerika Serikat pada Maret 2020 lalu dan mendadak populer setelah digunakan oleh CEO Tesla, Elon Musk. Kendati demikian, popularitas Clubhouse sebenarnya sudah menurun.

Baca juga: Tanda Popularitas Clubhouse Mulai Menurun

Pada Maret 2021 jumlah unduhan Clubhouse turun menjadi 2,7 juta. Tren itu berlanjut hingga April, di mana jumlah unduhan Clubhouse semakin berkurang drastis, yakni hanya mencapai 992.000 unduhan saja secara global.

Mungkinkah Clubhouse akan kembali naik daun setelah resmi hadir di Android?



Sumber Twitter
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X