Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2021, 09:24 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah sekitar empat tahun menjabat sebagai Vice President of AR and VR Facebook, Hugo Barra, mengundurkan diri dari jabatannya. Pengumuman pengunduran dirinya dibuat di akun Facebook pribadinya pada Selasa (18/5/2021).

"Hari ini adalah hari terakhir saya di Facebook Reality Labs, setelah empat tahun mengerjakan proyek yang luar bisa dan menantang dari apa pun yang saya temui dalam karier saya,"
tulis Barra dalam sebuah posting.

Baca juga: Facebook Bakal Ingatkan Pengguna untuk Baca Sebelum Share Berita

Pria berusia 44 tahun ini mengatakan ingin menghabiskan waktu lebih banyak untuk mendalami bidang perawatan kesehatan dan menerapkan apa yang telah ia pelajari selama berkecimpung di dunia teknologi.

Terlebih, pandemi Covid-19 pun menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama saat ini. Di ranah kesehatan, Barra berharap bisa menerapkan pengetahuan yang didapat selama lebih kurang 20 tahun berkecimpung di dunia teknologi.

"Saya memikirkan tentang apa yang terjadi pada tahun lalu saat dunia menghadapi pandemi ini. Saya merasa bahwa masyarakat saat ini masih kurang difasilitasi dengan alat yang berfungsi untuk memahami kesehatan mereka," kata Barra.

Barra tak menyebutkan ke mana persisnya dia pergi setelah dari Facebook. Barra pertama kali bergabung dengan Facebook pada Januari 2017 lalu, setelah mundur dari posisi Vice President Global Xiaomi.

Sebelum Xiaomi, Barra dikenal sebagai salah satu pimpinan di divisi Android Google hingga 2013.

Di Facebook, Barra diberi tugas mengembangkan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Barra juga mengemban tugas untuk memimpin bisnis perangkat headset VR, Oculus.

Tak berangsur lama, Barra kemudian mundur dari jabatannya sebagai pimpinan divisi Virtual Reality (VR) Facebook pada Mei 2019 lalu.

Baca juga: Hugo Barra Mundur dari Jabatan Bos Oculus di Facebook

Posisi Barra akhirnya digantikan oleh Erick Tseng yang saat itu menjabat sebagai Director of Product Management Facebook.

Ketika merekrut Barra, CEO Facebook, Mark Zuckerberg berpendapat bahwa Barra adalah orang yang memiliki kecocokan visi dengannya. Terutama soal teknologi VR dan AR yang bakal membawa perubahan besar di masa depan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (18/5/2021), dalam sebuah pernyataan, Zuckerberg mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah dikerjakan oleh Barra selama berkarir di Facebook.

"Saya belajar banyak hal saat bekerja sama dengan Anda. Saya sangat senang dan mendukung hal apapun yang akan Anda lakukan selanjutnya," tulis Zuckerberg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com