Cara Menggunakan Fitur RAM Expansion di Oppo A74

Kompas.com - 18/05/2021, 10:01 WIB
Oppo A74 varian warna Midnight Blu. Ketika digenggam, ponsel berbobot 175 gram dan ketebalan 8,4 mm ini terasa ringan dan tipis. Bagian punggungnya memiliki desain akhir mengkilap sehingga menimbulkan pantulan layaknya cermin. KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaOppo A74 varian warna Midnight Blu. Ketika digenggam, ponsel berbobot 175 gram dan ketebalan 8,4 mm ini terasa ringan dan tipis. Bagian punggungnya memiliki desain akhir mengkilap sehingga menimbulkan pantulan layaknya cermin.

KOMPAS.com - Ada kabar gembira untuk pengguna ponsel Oppo A74. Ponsel kelas menengah ini sekarang sudah bisa menggunakan fitur RAM Expansion yang tersedia melalui Color OS 11.1.

RAM Expansion adalah fitur untuk mengalokasikan sebagian media penyimpanan sebagai RAM virtual untuk menyimpan aplikasi yang berjalan tapi tidak sedang digunakan, sehingga bisa lebih cepat dipanggil saat dibutuhkan. Cara kerjanya mirip virtual memory di komputer.

Nah, dengan RAM Expansion, pengguna Oppo A74 bisa mengalokasikan hingga 5 GB dari media internal sebagai RAM virtual, sebagai tambahan untuk kapasitas RAM sebenarnya yang sebesar 6 GB. RAM di smartphone sendiri tidak bisa ditambah karena disolder ke mainboard.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo A74

Berdasarkan pengalaman KompasTekno dari Oppo A74, pengguna bisa menggunakan fitur RAM Expansion di Color OS 11.1 dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama, pastikan untuk memperbarui Color OS 11.1 ke versi terbaru, yakni versi ColorOS 11.1 2021.05.06 CPH2210_11_A. 16.

Cara mengecek versi ColorOS pada ponsel Oppo A74KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengecek versi ColorOS pada ponsel Oppo A74

  • Untuk mengecek versi ColorOS pada ponsel Oppo A74, kunjungi menu Settings dan gulir ke bawah hingga terdapat opsi "Software Update". Selanjutnya, klik opsi tersebut dan pastikan versi ColorOS sudah diperbarui ke versi terbarunya.
  • Jika sudah, buka menu "Settings", pilih opsi "About Phone", dan klik "RAM". Pada menu ini, akan ada tiga pilihan RAM Expansion yang tersedia, yakni 2 GB, 3 GB, dan 5 GB.

Cara menambahkan RAM pada ponsel Oppo A74KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menambahkan RAM pada ponsel Oppo A74

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kapasitas RAM virtual dapat ditambah sesuai dengan keperluan pengguna. Caranya, geser toggle ke jumlah RAM virtual yang ingin ditambahkan. Kali ini, KompasTekno mencoba untuk memperluas kapasitas RAM virtual hingga 5 GB.

Baca juga: Ini Fitur-fitur Oppo A74 5G, Ponsel 5G Termurah di Indonesia

  • Setelah menggulir toggle, segera restart ponsel Oppo A74 Anda agar pengaturan ini dapat diaplikasikan.

RAM pad Oppo A74 dapat diperluas hingga 11 GBKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama RAM pad Oppo A74 dapat diperluas hingga 11 GB

  • Ketika ponsel kembali menyala, akses menu "Settings" dan pilih "About Phone". Pada opsi "RAM" akan tertera indikator yang menyatakan jumlah RAM ditambah dengan virtual RAM, dalam contoh ini  "6.00 GB + 5 GB".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.