Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mediatek Dimensity 900 Meluncur, Chip 5G untuk Ponsel Menengah

Kompas.com - 18/05/2021, 11:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 91Mobiles

KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor Mediatek resmi merilis chipset 5G teranyar dari keluarga Dimensity, yaitu Dimensity 900. System-on-Chip (SoC) ini dirancang untuk ponsel 5G kelas menengah.

Meski demikian, SoC tersebut dimanufaktur menggunakan teknologi fabrikasi 6 nm, sama dengan fabrikasi chipset kelas flagship Dimensity 1200.

Secara spesifikasi, Dimensity 900 dibekali prosesor (CPU) delapan inti (octa-core) yang terdiri dari dua inti Cortex-A78 (kecepatan hingga 2,4 GHz) dan enam inti Cortex-A55 (kecepatan hingga 2 GHz).

Baca juga: Mengenal Jaringan 5G Sub-6GHZ dan mmWave, Apa Perbedaannya?

CPU tersebut dipadu dengan komponen pengolah grafis (GPU) Mali-G68 MC4 yang diklaim mampu memberikan pengalaman gaming optimal, serta chip modem 5G yang disebut memiliki kecepatan unduh (download) hingga 2,77 Gbps.

Fitur lainnya mencakup dukungan 5G dual-SIM, Bluetooth 5.2, Wi-Fi 6, single camera dengan resolusi 108 MP, dual camera 20 MP, konfigurasi quad camera, serta perekaman video 4K HDR dan 4K 30 fps.

Kinerja fotografi dan videografi sendiri turut ditopang dengan teknologi AI Camera dan komponen pengolah gambar (ISP) Imagiq 5.0, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 91Mobiles, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Layanan 5G Telkomsel Meluncur Sebentar Lagi?

Ada pula dukungan RAM hingga LPDDR5, storage hingga UFS 3.1, layar hingga resolusi Full HD Plus, refresh rate hingga 120 Hz, HDR10+, AV1 codec, teknologi display MiraVision, dan fitur HyperEngine untuk meningkatkan kinerja bermain game. 

Mediatek tidak mengumbar smartphone apa yang bakal ditenagai oleh SoC 5G anyar tersebut untuk pertama kalinya.

Namun, mereka memastikan ponsel dengan chip 5G Dimensity 900 bakal hadir di kuartal kedua 2021. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 91Mobiles


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com