Menkominfo: Merger Gojek dan Tokopedia Harus Angkat Ekonomi Digital

Kompas.com - 18/05/2021, 16:02 WIB
Johnny G Plate dalam siaran pers yang diadakan secara online Siaran PersJohnny G Plate dalam siaran pers yang diadakan secara online
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate turut mengomentari merger Gojek dan Tokopedia. Johnny mengatakan aksi korporasi tersebut harus mampu mengangkat dan meningkatkan perekonomian digital di Indonesia.

Menurut Johnny, merger antara dua startup ini menjadi salah satu titik pijakan besar, khususnya untuk ekonomi digital. Merger ini juga dinilai dapat menjadi pembuka jalan bagi inovator Indonesia untuk mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Khususnya dalam memasarkan dan mendukung produk produk hasil produksi di dalam negeri sendiri," ungkap Johnny kepada KompasTekno, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Gojek dan Tokopedia Resmi Merger Menjadi GoTo

Lahirnya entitas baru bernama GoTo group yang menjadi payung Gojek dan Tokopedia juga diharapkan akan membantu perusahaan mengembangkan bisnis dan layanan yang sebelumnya sudah dimiliki kedua startup tersebut.

"Strategi kolaboratif seperti halnya yang telah dilakukan GoTo group diharapkan juga semakin memungkinkan akumulasi kekuatan dan daya dorong eksponensial dalam mengupayakan kemajuan ekonomi bagi Indonesia dan bagi negara mitra lainnya," lanjut Johnny.

Ia juga menegaskan, pemerintah akan mendukung dan memfasilitasi terciptanya ekosistem ekonomi digital yang kompetitif dan sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Johnny, hal tersebut penting dilakukan agar Indonesia bisa mengadopsi dan memanfaatkan teknologi untuk menggerakkan perekonomian.

"Kita bersama dapat melihat bahwa bagaimana teknologi digital yang dipadukan dengan semangat berkarya dapat menghasilkan produktivitas dan kreativitas baik dari segi skala usaha, maupun dari segi skala inovasi," pungkas Johnny.

Gojek dan Tokopedia di bawah payung GoTo
Ilustrasi GoTo.GoTo Ilustrasi GoTo.

Gojek dan Tokopedia resmi bergabung dan membentuk payung besar bernama grup GoTo.
Hal tersebut diungkapkan langsung oleh CEO Tokopedia William Tanuwijaya dalam sebuah posting di akun Facebook miliknya.

Menurut William, nama GoTo adalah singkatan dari "Gojek" dan "Tokopedia", sekaligus melambangkan semangat gotong royong yang melandasi penggabungan keduanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.