Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2021, 16:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merger Gojek dan Tokopedia yang diumumkan baru-baru ini mendapat respons beragam dari banyak pihak, termasuk masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang penasaran apakah setelah merger terwujud, aplikasi Gojek dan Tokopedia akan menjadi satu?

Ada pula yang menantikan kehadiran aplikasi GoTo, entitas baru yang dikenalkan Gojek dan Tokopedia saat merger diumumkan.

Nuraini Razak, VP Corporate Communications Tokopedia menjelaskan bahwa tidak ada aplikasi khusus GoTo setelah aksi korporasi ini terjalin. Layanan-layanan Gojek dan Tokopedia juga akan tetap berdiri sendiri-sendiri.

Baca juga: Mengenal GoTo, Payung Besar Penaung Gojek dan Tokopedia

"Ke depannya tidak ada aplikasi khusus karena Tokopedia dan Gojek akan tetap beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri, di dalam ekosistem Grup GoTo," jelas Nuraini melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Selasa (18/5/2021).

Grup GoTo akan menaungi tiga perusahaan, yakni Tokopedia, Gojek, dan perusahaan baru yang bergerak di bidang keuangan digital GoTo Financial. Sebagai informasi, model organisasi bisnis semacam ini juga dilakukan raksasa teknologi Alphabet, sebagai induk Google.

Alphabet yang didirikan tahun 2015, menjadi perusahaan payung yang menaungi Google dan beberapa anak perusahaan lain, seperti Fiber, Nest, Ventures, X-Lab, dan Life Sciences.

Kembali soal GoTo, grup ini tidak hanya akan beroperasi di Indonesia saja, melainkan di negara-negara operasional Gojek, yakni Vietnam, Singapura, dan Thailand. Grup GoTo disokong oleh beberapa investor besar yang sebelumnya telah menjadi investor utama Gojek dan Tokopedia.

Baca juga: Kisah Cinta Gojek, PDKT ke Grab, Menikah dengan Tokopedia

Dalam keterangan resminya, proses merger ini telah mendapat restu dari para penyokong dana. Mereka adalah Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus.

Nantinya, grup GoTo direncanakan untuk menjadi perusahaan publik. Kabarnya, penawaran saham perdana/initial public offering (IPO) GoTo akan dilakukan di Amerika Serikat dan Indonesia dalam waktu dekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com