Kompas.com - 18/05/2021, 17:06 WIB
iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro cnet.comiPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro

KOMPAS.com - Ponsel telah menjadi alat serbaguna yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari penggunanya. Namun, pemakaian ponsel dalam kondisi atau untuk keperluan tertenty dapat membuat ponsel kepanasan alias overheat

Hal ini dapat disebabkan oleh beragam faktor, misalnya ponsel tengah membuka banyak aplikasi secara bersamaan atau ketika ponsel menjalankan game dalam waktu yang cukup lama.

Peringatan overheat yang muncul di iPhone saat kepanasanMacWorld.co.uk Peringatan overheat yang muncul di iPhone saat kepanasan
Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini dapat mengganggu performa ponsel yang menjadi lemot karena throttling. Selain itu, ponsel yang panas tentu menyebabkan efek yang tidak nyaman apabila digenggam.

Indikasi yang pasti bahwa iPhone mengalami kepanasan adalah munculnya pesan peringatan overheat di layar. Pengguna pun diminta membiarkan ponsel beberapa saat agar mendingin sebelum bisa dipakai lagi.

Baca juga: iPhone Asli Ternyata Berbentuk Buah Apel

Nah, supaya hal itu tak terjadi, ada beberapa langkah pencegahan overheat pada iPhone yang bisa dilakukan. Berikut ini selengkapnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari USwitch, Minggu (16/5/2021).

Hindari sinar matahari langsung

Menurut penjelasan Apple di situsnya, rentang suhu lingkungan yang ideal untuk mengoperasikan iPhone adalah antara 0 hingga 35 derajat Celsius. Batas atas ini bisa dengan mudah dilewati apabila ponsel tepapar sinar matahari langsung, apalagi di musim panas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu, sebaiknya jangan gunakan iPhone saat berada di bawah terik matahari yang juga membuat layar jadi sulit terlihat. Carilah tempat teduh terlebih dahulu.

Disarankan juga agar tidak menyimpan iPhone di dalam kendaraan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung, misalnya di atas dashboard.

Gunakan charger asli

Penggunaan charger asli yang tersedia di kotak kemasan iPhone atau gadget Apple lain seperti iPad dianjurkan untuk memastikan kompatibilitas. Pengguna bisa juga menggunakan charger pihak ketiga yang diketahui memiliki kualitas bagus dari merek yang terpercaya.

Baca juga: iPhone Akhirnya Bisa Fast Charging, Android Sudah Sejak 2013

Jangan gunakan charger palsu yang menyaru sebagai charger asli iPhone, padahal bukan. Selain bisa membuat overheat, charger palsu bisa berbahaya karena berpotensi menimbulkan kebakaran atau ledakan.

Halaman:


Sumber USwitch
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X