WhatsApp Siapkan "Mode Menghilang", Seperti Apa?

Kompas.com - 18/05/2021, 18:42 WIB
ilustrasi WhatsApp mashable.comilustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Tahun lalu, WhatsApp merilis fitur Disappearing Messages untuk memudahkan pengguna menghemat ruang penyimpanan agar tidak banyak pesan menumpuk. Fitur ini memungkinkan pesan terhapus secara otomatis setelah tujuh hari diterima.

Namun, fitur tersebut harus diaktifkan secara manual. Pengguna harus mengaktifkan mode Disappearing Messages di setiap kontak satu per satu. Hal itu tentu menghabiskan banyak waktu.

Tangkapan layar Disappearing Mode di WhatsApp yang akan mempermudah menghapus pesan secara otomatis.WABetaInfo Tangkapan layar Disappearing Mode di WhatsApp yang akan mempermudah menghapus pesan secara otomatis.

Ke depannya, pengguna WhatsApp akan semakin mudah menggunakan fitur tersebut.

Pasalnya, menurut bocoran dari situs WA Beta Info yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, fitur Disappearing Messages akan ditingkatkan kemampuannya agar lebih efisien.

Baca juga: Penjelasan WhatsApp soal Kebijakan Privasi Baru yang Berlaku Hari Ini

Dari tangkapan layar yang beredar, tampak sebuah fitur bernama Disappearing Mode alias mode menghilang yang berada di dalam menu "Privasi".

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika mode itu diaktifkan, maka semua pesan baru akan otomatis hilang setelah tujuh hari.

Sehingga, pengguna tidak perlu lagi mengaktifkan fitur hapus pesan otomatis satu per satu untuk setiap kontak atau grup WhatsApp.

Dengan hapus pesan otomatis, pengguna bisa meningkatkan perlindungan untuk isi pesannya.

Selama ini, WhatsApp telah membekali platformnya dengan fitur keamanan end-to-end encryption atau enkripsi dari ujung ke ujung.

Artinya, pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima. Tidak ada pihak ketiga, termasuk WhatsApp yang bisa mengintip isi pesan.

Baca juga: 11 Fitur WhatsApp yang Tak Bisa Dipakai Jika Tidak Setuju Aturan Baru

Namun, jika ponsel sampai di tangan orang yang salah dan rentan dioperasikan sembarangan, maka pesan WhatsApp bisa saja mudah dibaca orang lain. Dengan menghapusnya secara otomatis, hal tersebut bisa diminimalisasi.

Bocoran fitur Disappearing Messages yang akan memiliki opsi hapus pesan lebih cepat yakni dalam 24 jam.WABetaInfo Bocoran fitur Disappearing Messages yang akan memiliki opsi hapus pesan lebih cepat yakni dalam 24 jam.

Apalagi, bocoran sebelumnya juga menyebut bahwa WhatsApp tengah menyiapkan fitur hapus pesan yang lebih cepat, yakni dalam 24 jam setelah pesan diterima.

Selain itu, menghapus pesan otomatis membuat aktivitas bersih-bersih ruang penyimpanan agar lebih lega bisa lebih efisien.

Dirangkum KompasTekno dari Uber Gizmo, Selasa (18/5/2021) fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan Disappearing Mode akan digulirkan.

Baca juga: Cara Memindahkan Chat dari WhatsApp ke Telegram dan Signal




Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X