Microsoft Teams Rilis Fitur Baru Serupa Zoom

Kompas.com - 19/05/2021, 12:09 WIB
Microsoft Teams ShutterstockMicrosoft Teams

KOMPAS.com - Pada akhir April lalu, Zoom merilis "Immersive View", sebuah fitur yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman mirip rapat sungguhan di sebuah ruangan saat melakukan pertemuan virtual.

Tak ingin ketinggalan, aplikasi konferensi video yang menjadi bagian dari ekosistem Microsoft 365, Teams, kini juga mengadopsi fitur serupa. Microsoft Teams, merilis fitur baru bernama "Together mode".

Dari segi konsep, "Together mode" memiliki cara kerja yang sama dengan fitur "Immersive View" yang ada pada Zoom. Fitur ini mampu menyulap tampilan partisipan rapat virtual seolah tengah rapat di tempat sungguhan.

Baca juga: Dengan Immersive View, Rapat di Zoom Kini Bisa Terasa Lebih Nyata

Gambar latar virtualnya pun bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Misalnya di kedai kopi, sehingga membuat peserta merasakan pengalaman mirip rapat sungguhan di kedai kopi.

Selain kedai kopi, ada juga pilihan latar virtual bernuansa ruang keluarga, ruang kelas, bahkan latar bertema bawah laut dan resor musim panas.

Tampilan partisipan menggunakan fitur baru Microsoft Teams, bernama Together mode.Microsoft Tampilan partisipan menggunakan fitur baru Microsoft Teams, bernama Together mode.
Microsoft mengungkapkan, fitur "Together mode" ini akan memberikan sensasi konferensi video seperti nyata dan dapat mengurangi kelelahan akibat melakukan video call.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Fitur personal ini membantu Anda merasa seperti berada di ruang yang sama dengan keluarga dan teman Anda. Ini juga akan membuat panggilan Anda lebih menarik, menyenangkan, dan terhubung, bahkan saat Anda terpisah secara jarak," tulis Microsoft sebagaimana dihimpun dari laman resminya.

Perbedaan mendasar fitur baru "Together mode" di Teams dengan "Immersive View" di Zoom ialah soal kapasitas maksimal peserta yang dapat ditampilkan dalam satu latar virtual.

Fitur Immersive View di Zoom hanya bisa menampung maksimal 25 orang saja dalam satu latar virtual.

Sedangkan fitur "Together mode" baru bisa digunakan apabila rapat dihadiri oleh minimal 4 peserta. Untuk kapasitas maksimalnya, fitur "Together mode" dapat menampung jumlah partisipan mencapai 49 orang.

Baca juga: Ketika CEO Zoom Kelelahan Rapat Online Akibat Zoom Fatigue

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.