Telkomsel Pakai Frekuensi 2,3 GHz dan 1.800 MHz untuk Gelar 5G

Kompas.com - 19/05/2021, 13:29 WIB
BTS 5G Telkomsel di kompleks GBK. KOMPAS.com/Reska K. NistantoBTS 5G Telkomsel di kompleks GBK.

KOMPAS.com - Peluncuran jaringan 5G di Indonesia semakin dekat. Saat ini, operator seluler pelat merah Telkomsel dipastikan tengah melakuan proses Uji Layak Operasi (ULO) 5G di Kementerian Kominfo.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengonfirmasi hal tersebut. Johnny mengatakan, ULO 5G Telkomsel tengah dilakukan bersama Ditjen Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo. 

Untuk menggelar jaringan generasi kelima ini, Telkomsel akan menggunakan pita frekuensi 2,3 Ghz dan 1.800 Ghz.

Menurut Johnny, penggunaan spektrum frekuensi radio yang digunakan layanan 5G, memang diserahkan kepada masing-masing operator seluler dengan menggunakan frekuensi radio yang sudah ada dan telah dimiliki oleh operator seluler bersangkutan.

Baca juga: Menkominfo: Uji Operasi 5G Telkomsel Dimulai Hari Ini

Telkomsel sendiri baru-baru ini memenangkan lelang pita frekuensi 2,3 Ghz dan mendapatkan dua blok frekuensi dengan total 20 MHz. Secara keseluruhan Telkomsel memiliki alokasi sebesar 50 MHz pada frekuensi 2,3 Ghz.

Sementara pada frekuensi 1.800 MHz, Telkomsel memiliki alokasi pita sebesar 22,5 MHz.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pita frekuensi radio yang direncanakan akan digunakan Telkomsel untuk teknologi 5G ini menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1800 MHz untuk control plane," jelas Johnny melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Rabu (19/5/2021).

Sebagai informasi, ULO merupakan syarat wajib bagi setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru. Hal itu dimaksudkan agar layanan yang diberikan kepada masyarakat memenuhi kualitas layanan yang memadai.

Apabila seluruh proses ULO teknologi 5G Telkomsel rampung dan dinyatakan lulus, Johnny mengatakan Telkomsel rencananya akan mulai menggelar layanan 5G di enam lokasi di Jakarta.

Adapun lokasi tersebut adalah Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Baca juga: Layanan 5G Telkomsel Meluncur Sebentar Lagi?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X