Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siti dari Sukabumi Tampil di Google I/O 2021, Pamerkan Google Lens untuk Belajar

Kompas.com - 19/05/2021, 14:03 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Seorang pelajar asal Sukabumi, Jawa Barat bernama Siti turut mewarnai sesi keynote dalam gelaran Google I/O 2021 yang disiarkan secara online pekan ini.

Google I/O merupakan ajang tahunan yang dimanfaatkan Google untuk memperkenalkan produk dan layanan terbarunya. Biasanya, ajang ini digelar di kantor pusat Google, Mountain View, dan dihadiri ribuan orang, mulai dari developer aplikasi hingga mitra Google.

Dalam video yang disiarkan Google secara global, terlihat Siti memperlihatkan dirinya sedang menggunakan aplikasi Google Lens untuk menunjang kegiatan belajar dari rumah selama masa pandemi.

Google Lens sendiri adalah tools berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) computer vision yang mampu menganalisis foto, mengenali obyek di dalamnya, dan mengambil informasi dari objek yang dibidik.

Siti atau yang akrab dipanggil dengan Mamay, juga mempraktikkan kemampuan baru Google Lens yang bisa membantu pelajar mengerjakan soal matematika hingga menerjemahkan soal berbahasa Inggris.

Baca juga: Google Lens Terbaru Bisa Kerjakan Soal Matematika

"Google Lens memudahkan kegiatan belajar di rumah. Misalnya saat mendapat soal matematika dalam bahasa Inggris. Tidak hanya translate, di situ aku juga bisa terhubung dan bisa langsung mencari tahu apa terjemahan dan solusi untuk mengerjakan soal matematika itu," tutur Siti dalam video tersebut.

Kemampuan baru Google Lens, bisa terjemahkan soal matematikayoutube/Google Kemampuan baru Google Lens, bisa terjemahkan soal matematika

Pengguna cukup memotret soal matematika yang ingin dikerjakan, dan Google Lens akan memberi petunjuk bagaimana menyelesaikan soal tersebut.

Menurut Siti, fitur ini berguna untuk membantu para pelajar apabila merasa kesulitan dalam memecahkan masalah penghitungan matematika secara tertulis.

Baca juga: Cara Cek Kuota Belajar Online dari Kemendikbud untuk Semua Operator

"Orang-orang menggunakan Google Lens untuk menerjemahkan lebih dari satu miliar kata setiap harinya," kata Senior Vice President Google, Prabhakar Raghavan.

Senior Vice President Google, Prabhakar Raghavan dalam sesi keynote Google I/O 2021youtube/Google Senior Vice President Google, Prabhakar Raghavan dalam sesi keynote Google I/O 2021

Baca juga: Media Asing Soroti Kesulitan Siswa dan Guru di Indonesia Belajar Online

Dalam sesi keynote Google I/O 2021, Raghavan juga memperkenalkan kemampuan baru Google Lens bernama Shopping Graph.

Lewat fitur ini, pengguna bisa mencari tahu di mana sebuah produk atau barang dijual lewat toko online.

Misalnya, apabila pengguna memindai foto sepatu, maka Lens akan menampilkan informasi seperti toko online mana yang menjual produk tersebut.

Meski demikian, Google belum mengonfirmasi secara detail kapan fitur Shopping Graph ini akan digelontorkan secara global untuk semua pengguna Android maupun iOS.

Berikut video acara lengkap Google I/O 2021, penampilan dan cerita Siti dapat disimak mulai menit ke-49, https://www.youtube.com/watch?v=Mlk888FiI8A&t=2940s.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com