Cari Foto di Google Photos Bakal Lebih Mudah dengan Filter Baru

Kompas.com - 19/05/2021, 15:06 WIB
ilustrasi Google Photos cnet.comilustrasi Google Photos
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Layanan penyimpanan berbasis cloud, Google Photos, dilaporkan sedang menguji fitur baru yang memungkinkan penggunanya dapat mencari file berupa foto dan video secara spesifik.

Filter pencarian ini hadir untuk mempermudah pengguna ketika ingin menelusuri file sesuai kriteria jenisnya, seperti foto selfie, video, tangkapan layar (screenshot), atau gambar lainnya lebih spesifik.

Cara kerjanya, ketika pengguna melakukan pencarian, Photos akan menampilkan serangkaian tombol filter di sisi bawah kolom search. Tombol-tombol itu bisa dipilih untuk mengaktifkan jenis filter yang dikehendaki.

Baca juga: Google Photos Bisa Upload Foto dan Video Tanpa Internet

Misalnya, tombol "Selfies" akan membuat Photos hanya menampilkan hasil pencarian yang berupa gambar swafoto. Demikian juga dengan "Videos" yang bakal menyaring jenis konten berjenis video.

Fitur Baru Google Photos Permudah Cari File Lebih Spesifikandroidpolice.com Fitur Baru Google Photos Permudah Cari File Lebih Spesifik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain memilih jenis file, pengguna juga bisa membubuhkan nama seseorang untuk mempermudah pencarian file.

Filter ini sebenarnya tidak benar-benar baru karena kemampuan menyaring hasil pencarian sebelumnya sudah ada di Google Photos. Sebagai contoh, mengetikkan kata kunci berbunyi "foto selfie saya" akan memberikan hasil search yang serupa dengan filter selfie.

Baca juga: Cara Mengecek Sisa Kapasitas Penyimpanan Google Photos

Namun, rangkaian tombol filter menambahkan elemen visual yang bisa mempermudah pengguna dalam menyeleksi kriteria konten yang dicari.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Rabu (19/5/2021), fitur pencarian yang lebih canggih ini kemungkinan diterapkan di sisi server dan tidak terikat dengan aplikasi Google Photos versi tertentu saja.

Dari pantauan KompasTekno, fitur penyaring hasil pencarian tersebut masih belum tersedia di Google Photos, mungkin karena uji cobanya belum selesai. Belum diketahui kapan Google akan merilisnya secara resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.