6 Fitur Baru yang Hadir di Android 12

Kompas.com - 19/05/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android 12 ZDNet.comIlustrasi sistem operasi Android 12

KOMPAS.com - Google baru saja memperkenalkan sistem operasi terbarunya yaitu Android 12. Bukan versi akhir, Android 12 yang dirilis ini masih berstatus beta preview. 

Sistem operasi terbaru itu diperkenalkan dalam ajang tahunan Google I/O yang digelar secara online. Android 12 sendiri membawa sejumlah pembaruan di sisi desain dan fitur yang sebelumnya belum ada di Android 11.

Berikut ini adalah deretan fitur serta kemampuan baru Android 12, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Rabu (19/5/2021).

1. Material You

Desain baru Android 12androidauthority.com Desain baru Android 12
Dalam ajang Google I/O 2021, perusahaan mengonfirmasi bahwa desain Android 12 akan menjadi perombakan visual terbesar yang dilakukan dalam beberapa tahun belakangan.

Android 12 membawa perubahan desain baru yang lebih minimalis dengan pilihan warna yang lebih bervariasi. Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai "Material You".

Dengan pembaruan ini, ketika pengguna memilih salah satu wallpaper, nantinya sistem akan secara otomatis menyesuaikan warna panel sesuai dengan warna yang dominan pada wallpaper yang dipilih. 

Misalnya, ketika pengguna menggunakan wallpaper dengan warna hijau yang dominan seperti ilustrasi di atas. Maka warna panel dan menu akan turut berubah menjadi hijau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Google Umumkan Android 12 dengan Tampilan Baru

2. Panel baru

Tampilan Quick Tiles di Android 12androidauthority.com Tampilan Quick Tiles di Android 12
Android 12 juga membawa tampilan baru untuk menu Quick Tiles. Ketika pengguna menggulirkan bilah notifikasi ke bawah, pengguna kini akan menemui deretan menu berbentuk kotak, alih-alih bulat seperti pada Android 11.

Di menu pull-down, area notifikasi juga tak lagi transparan, diganti dengan warna solid. Tentu, warna yang ditampilkan tergantung dengan tema yang diterapkan oleh pengguna.

3. Peningkatan fitur privasi

Fitur privasi di Android 12androidauthority.com Fitur privasi di Android 12
Google menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.