Operator Seluler yang Ingin Gelar 5G di Indonesia Harus Lolos ULO

Kompas.com - 19/05/2021, 16:34 WIB
Ilustrasi 5G SHUTTERSTOCKIlustrasi 5G

KOMPAS.com - Jaringan 5G akan segera digelar di Indonesia. Namun, sebelum menggulirkan layanan 5G, operator seluler harus dinyatakan lolos uji layak operasi (ULO) terlebih dahulu.

Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi mengatakan, sesuai Pasal 82 PM Kominfo 1/2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, ULO perlu dilakukan pada setiap penambahan kapasitas dan peluasan lokasi, atau relokasi yang mengalami perubahan teknologi.

Perubahan teknologi yang dimaksud adalah perubahan sesuai standar yang ditetapkan International Telecommunication Union (ITU), perubahan penggunaan spektrum frekuensi radio, dan/atau perubahan penggunaan sistem dari analog ke digital. Gelaran jaringan 5G masuk dalam kriteria perubahan teknologi tersebut.

Baca juga: Telkomsel, Operator Pertama yang Uji Layak Operasi 5G di Indonesia

"Karenanya, agar bisa melakukan komersialisasi, penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler perlu melalui tahapan ULO untuk mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO)," jelas Dedy melalu pesan singkat kepada KompasTekno, Rabu (19/5/2021).

Dedy menambahkan, ULO penting dilakukan untuk memastikan kesiapan sistem melakukan komersialisasi.

Dalam uji kelayakan operasional, ada beberapa hal yang akan dilihat, yakni kesesuaian sertifikat perangkat, uji sistem dan kesesuainnya dengan teknologi seluler lain yang dimiliki penyelenggara, serta jasa telepon dasar dan jasa multimedia layanan akses internet pada jaringan mobile broadband yang dimiliki penyelenggara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, Dedy mengatakan bahwa operator seluler yang nekat menggelar 5G secara komersial, tanpa melalui tahapan ULO dan tidak mengantongi SKLO, akan mendapat sanksi sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Sanksi dijatuhkan karena operator dinilai melakukan penyelenggaraan telekomunikasi tanpa izin dari pemerintah.

Baca juga: Ini 6 Lokasi Pertama yang Mendapat Jaringan 5G Telkomsel

Saat ini, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang telah melakukan ULO. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan uji kelayakan operasional Telkomsel dilakukan di Ditjen PPI Kominfo.

Untuk menggelar jaringan 5G, Telkomsel akan menggunakan spektrum 2,3 GHz dan 1.800 MHz.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.