"Material You", Bahasa Desain Baru di Android 12

Kompas.com - 19/05/2021, 20:04 WIB
Bahasa desain yang hadir di Android 12 diberi nama Material You. GoogleBahasa desain yang hadir di Android 12 diberi nama Material You.

KOMPAS.com - Google baru saja mengumumkan Android 12 sebagai sistem operasi Android versi terbaru. Android 12 diperkenalkan di acara Google I/O yang digelar secara online, Rabu (19/5/2021). Desain Android 12 jadi salah satu yang mencuri perhatian.

Jika dilihat, desain Android 12 lebih segar dan sederhana. Menurut Google bahasa desain antarmuka (UI) Android 12 itu diberi nama "Material You".

Material You sendiri merupakan versi pengembangan terbaru dari bahasa desain Material Design. Material Design diperkenalkan Google sejak perilisan Android 5.0 Lollipop dan terus dikembangkan dari tahun ke tahun.

Baca juga: 6 Fitur Baru yang Hadir di Android 12

Bahasa desain baru ini akan debut di ponsel Pixel dan aplikasi Google. Nantinya, Material You juga akan hadir di Wear OS yang digunakan untuk wearable device serta platform lainnya.

Salah satu yang paling mencolok dari Material You adalah palet warnanya. Material You mengombinasikan elemen antarmuka baru dari standar Material Design Google saat ini, namun dengan memunculkan lagi warna lawas yang telah lama hilang di aplikasi Android dalam beberapa tahun terakhir.

Secara keseluruhan, warna dan desain di Material You ditingkatkan dari versi yang sudah ada di Android selama ini. Selain itu, pengguna juga diberikan kendali untuk mengatur warna, kontras, ukuran elemen, dan lebar garis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengaturan itu juga bisa disinkronisasi di seluruh perangkat. Pengguna juga bisa memilih salah satu wallpaper dan nantinya sistem akan secara otomatis menentukan warna apa yang dominan, dan terlihat bagus untuk ditampilkan.

Warna-warna tersebut akan diterapkan di layar notifikasi, lock screen, menu pengaturan volume, widget, dan lainnya, sehingga tampilan antarmuka secara keseluruhan bisa terlihat senada.

Baca juga: Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian Android 12

"Kami memadukan ilmu warna dengan investasi disiplin ilmu desain dan teknik interaksi selama bertahun-tahun untuk memungkinkan penyesuaian aplikasi apapun -tidak hanya aplikasi milik Google- untuk palet Material unik pengguna secara real time," tulis Google dalam blog resminya.

Dirangkum KompasTekno dari XDA Developer, Rabu (19/5/2021), Google akan mengupas lebih banyak lagi tentang Material You dalam beberapa waktu ke depan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.