Dari OS Android 12 hingga Kunci Mobil, Ini 10 Teknologi Baru Google

Kompas.com - 19/05/2021, 20:42 WIB
Acara tahunan Google I/O androidauthority.comAcara tahunan Google I/O

KOMPAs.com - Setelah sempat absen pada 2020, Google akhirnya kembali menyelenggarakan acara tahunan Google I/O. Ajang tahunan ini berlangsung secara virtual, dari tanggal 18 Mei hingga 20 Mei 2021.

Seperti biasanya, Google memanfaatkan acara tahunan Google I/O ini untuk mengenalkan sistem operasi Android versi terbarunya, yakni Android 12.

Di samping itu, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, AS ini turut memperkenalkan sejumlah inovasi-inovasi terbarunya. Mulai dari pembaruan untuk aplikasi Google Workspace, Google Photos, hingga Google Maps.

Pada gelaran Google I/O ini, Google turut memamerkan teknologi bilik video call 3D, bahasa AI LaMDA, hingga mengumumkan kerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan sistem operasi untuk wearable.

Baca juga: Google Umumkan Android 12 dengan Tampilan Baru

Untuk lebih jelasnya, berikut KompasTekno rangkum 10 produk dan fitur baru yang dikenalkan Google dalam acara Google I/O 2021.

1. Android 12

Desain baru Android 12androidauthority.com Desain baru Android 12

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google akhirnya mengumumkan sistem operasi Android 12 versi beta preview. Penerus Android 11 tersebut dibekali sejumlah fitur baru dan beberapa peningkatan, khususnya di bagian desain, yang kini tampil lebih simpel dengan perpaduan warna solid.

Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai "Material You".

Selain desain tampilan, Google turut meningkatkan kinerja Android 12 untuk membuat perangkat jadi lebih responsif dan irit daya.

Sistem operasi Android teranyar ini diklaim mampu mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 22 persen, serta menghemat penggunaan server sistem hingga 15 persen.

Android 12 juga membawa perubahan pada desain notifikasi, menu quick settings, serta mengubah sedikit desain dari desain kotak perizinan aplikasi.

Google turut menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Google, Rabu (19/5/2021).

2. Android bisa jadi kunci mobil digital

Bersamaan dengan perkenalan Android 12 versi beta, Google turut mengumumkan bahwa ke depannya beberapa ponsel Pixel dan Samsung Galaxy dapat berfungsi sebagai kunci mobil digital.

Fitur ini membutuhkan dukungan teknologi Ultra Wideband (UWB) dan NFC (Near Field Communication). Kabarnya, sejauh ini, baru produsen mobil BMW yang mengonfirmasi akan mendukung kunci mobil digital Android ini.

3. Gandeng Samsung bikin OS untuk wearable

Dalam gelaran Google I/O 2021, Google juga secara resmi mengumumkan soal kerja sama dengan Samsung, untuk menciptakan sistem operasi untuk perangkat wearable.

Kedua perusahaan menggabungkan dua OS wearable device, yakni Wear OS dari Google dan Tizen dari Samsung, menjadi satu platform yang ditujukan untuk perangkat wearable seperti smartwatch.

Platform gabungan tersebut disebut sebagai "Wear", meski julukan ini masih dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga: Siti dari Sukabumi Tampil di Google I/O 2021, Pamerkan Google Lens untuk Belajar

Google sesumbar, Wear diklaim mampu mempersingkat waktu start up aplikasi hingga menjadi 30 persen lebih cepat. Platform Wear yang bersifat unified juga akan mempermudah developer dalam mengembangkan aplikasi untuk perangkat wearable.

Google pun menjanjikan bakal merilis lebih banyak aplikasi untuk Wear. Wear rencananya bakal dirilis pada tahun ini, antara lain lewat produk-produk smartwatch Galaxy yang akan datang dari Samsung serta Fitbit, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Wired.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.