Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Snapdragon 778G Meluncur, Chip 5G dengan Kinerja Grafis Tinggi

Kompas.com - 19/05/2021, 22:01 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Qualcomm kembali menelurkan System-on-Chip terbaru dengan dukungan jaringan 5G, kali ini adalah Snapdragon 778G. Chip mobile 5G ini dibuat dengan proses fabrikasi 6nm dan ditujukan bagi perangkat-perangkat kelas menengah.

Sejumlah vendor ponsel yang dikonfirmasi akan mengusung Snapdragon 778G antara lain Honor, iQOO, Motorola, Oppo, Realme, dan Xiaomi. Ponsel-ponsel tersebut diharapkan tersedia di pasar pada kuartal II-2021.

“Snapdragon 778G dikembangkan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari OEM global untuk memberikan lebih banyak pilihan platform pada tier-tinggi," ungkap Kedar Kondap, VP Product Management Qualcomm dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Telkomsel, Operator Pertama yang Lakukan ULO 5G di Indonesia

“Snapdragon 778G menghadirkan banyak teknologi premium terbaru dan fitur tier-tinggi untuk mendukung generasi berikutnya mendapatkan pengalaman dan akses yang lebih luas lagi,” lanjut Kedar.

Dari segi spesifikasi, Snapdragon 778G dibekali modem 5G terintegrasi, Snapdragon X53 yang mendukung global multi-SIM 5G, lewat spektrum mmWave dan sub-6 Ghz. Kecepatan unduhannya diklaim bisa mencapai 3,3 Gbps.

Chip ini menggunakan CPU Kryo 670 2,4 Ghz, berikut GPU Adreno 642L yang diklaim memiliki kinerja pengolahan grafis hingga 40 persen lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Qualcomm turut menyematkan ISP Spectra 570L yang mendukung resolusi kamera tunggal hingga 192 MP, atau tiga buah kemera 22 MP. Video slow motion hingga 720p/ 240 FPS, HDR10, HDR10+, dan HLG ikut didukung.

Baca juga: Mediatek Dimensity 900 Meluncur, Chip 5G untuk Ponsel Menengah

Fitur-fitur lainnya mencakup teknologi pengisi baterai Quick Charge 5 terbaru, pemindai sidik jari 3D Sonic dan 3D Sonic Max, Wi-Fi 6E, serta NFC dan Bluetooth 5.2.

Untuk kebutuhan artificial intelligence (AI), terdapat Qualcomm AI Engine generasi ke-6 terbaru dengan prosesor Hexagon 770 yang menghadirkan hingga 12 TOP dan 2X
performa dengan performa per Watt yang meningkat dibandingkan pendahulunya.

Chip ini memungkinkan perangkat memiliki fitur peredam kebisingan berbasis AI saat video/voice call, dan pengalaman kamera berbasis AI yang lebih baik.

Untuk kebutuhan gaming, platform ini menghadirkan beberapa fitur dari Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, termasuk Variable Rate Shading (VRS) dan Qualcomm Game Quick Touch, dua fitur baru menarik yang sekarang tersedia di seri-7.

Baca juga: Bukan Qualcomm, Ini Penguasa Baru Pasaran Chip Smartphone Global

Dengan GPU Adreno 642L, VRS membantu mengurangi beban kerja GPU dalam memberikan penghematan daya yang lebih besar, sembari tetap mempertahankan ketelitian visual tertinggi.

Ada pula fitur Qualcomm Game Quick Touch yang menawarkan respons input hingga 20 persen lebih cepat untuk latensi sentuh guna memberikan pengalaman level gamer profesional.

Untuk spesifikasi lengkap tentang Snapdragon 778G 5G Mobile Platform, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com