Qualcomm Snapdragon 778G Meluncur, Chip 5G dengan Kinerja Grafis Tinggi

Kompas.com - 19/05/2021, 22:01 WIB
Qualcomm Snapdragon 778G QualcommQualcomm Snapdragon 778G
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Qualcomm kembali menelurkan System-on-Chip terbaru dengan dukungan jaringan 5G, kali ini adalah Snapdragon 778G. Chip mobile 5G ini dibuat dengan proses fabrikasi 6nm dan ditujukan bagi perangkat-perangkat kelas menengah.

Sejumlah vendor ponsel yang dikonfirmasi akan mengusung Snapdragon 778G antara lain Honor, iQOO, Motorola, Oppo, Realme, dan Xiaomi. Ponsel-ponsel tersebut diharapkan tersedia di pasar pada kuartal II-2021.

“Snapdragon 778G dikembangkan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari OEM global untuk memberikan lebih banyak pilihan platform pada tier-tinggi," ungkap Kedar Kondap, VP Product Management Qualcomm dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Telkomsel, Operator Pertama yang Lakukan ULO 5G di Indonesia

“Snapdragon 778G menghadirkan banyak teknologi premium terbaru dan fitur tier-tinggi untuk mendukung generasi berikutnya mendapatkan pengalaman dan akses yang lebih luas lagi,” lanjut Kedar.

Dari segi spesifikasi, Snapdragon 778G dibekali modem 5G terintegrasi, Snapdragon X53 yang mendukung global multi-SIM 5G, lewat spektrum mmWave dan sub-6 Ghz. Kecepatan unduhannya diklaim bisa mencapai 3,3 Gbps.

Chip ini menggunakan CPU Kryo 670 2,4 Ghz, berikut GPU Adreno 642L yang diklaim memiliki kinerja pengolahan grafis hingga 40 persen lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Qualcomm turut menyematkan ISP Spectra 570L yang mendukung resolusi kamera tunggal hingga 192 MP, atau tiga buah kemera 22 MP. Video slow motion hingga 720p/ 240 FPS, HDR10, HDR10+, dan HLG ikut didukung.

Baca juga: Mediatek Dimensity 900 Meluncur, Chip 5G untuk Ponsel Menengah

Fitur-fitur lainnya mencakup teknologi pengisi baterai Quick Charge 5 terbaru, pemindai sidik jari 3D Sonic dan 3D Sonic Max, Wi-Fi 6E, serta NFC dan Bluetooth 5.2.

Untuk kebutuhan artificial intelligence (AI), terdapat Qualcomm AI Engine generasi ke-6 terbaru dengan prosesor Hexagon 770 yang menghadirkan hingga 12 TOP dan 2X
performa dengan performa per Watt yang meningkat dibandingkan pendahulunya.

Chip ini memungkinkan perangkat memiliki fitur peredam kebisingan berbasis AI saat video/voice call, dan pengalaman kamera berbasis AI yang lebih baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.