6 Fitur Facebook untuk Kontrol Privasi dan Data Pengguna

Kompas.com - 20/05/2021, 15:15 WIB
ilustrasi Facebook Bloombergilustrasi Facebook

KOMPAS.com - Privasi data pengguna menjadi salah satu topik yang selalu menjadi perhatian, termasuk oleh raksasa jejaring sosial Facebook.

Direktur Kebijakan Privasi Facebook, Steve Satterfield mengungkapkan bahwa privasi pengguna adalah inti dari visi Facebook untuk saat ini, dan di masa mendatang.

"Berdasarkan visi ini jugalah kami mengembangkan produk-produk baru dan menciptakan fitur-fitur baru," kata Satterfield, dalam dalam acara daring bertajuk "Facebook Under The Hood", Kamis (20/5/2021).

Dari aspek fitur, kata Satterfield, setidaknya Facebook telah menyediakan enam fitur penting yang memungkinkan pengguna memiliki kontrol lebih atas penggunaan data, keamanan privasi, dan pengalaman pengguna ketika menggunakan layanan Facebook.

Baca juga: Disebut Jual Data Pengguna ke Pengiklan, Facebook: Itu Hanya Mitos

Adapun enam fitur Facebook tersebut di antaranya ialah privacy check up, manage activity, hingga ads control. Berikut selengkapnya.

Enam fitur kontrol privasi di Facebook

1. Privacy check up

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satterfield mengatakan, untuk menunjukkan komintmen terhadap privasi pengguna, Facebook telah menyediakan fitur bernama "Privacy check up".

Dengan fitur ini, pengguna akan bisa meninjau ulang pengaturan privasi terkait lima topik, meliputi soal siapa yang dapat melihat hal yang pengguna bagikan di Facebook (termasuk informasi profil dan postingan), serta cara menjaga akun pengguna tetap aman (misalnya disarankan untuk mengaktifkan otentikasi dua-faktor).

Di Privacy check-up, ada pula pengaturan soal bagaimana orang lain bisa menemukan pengguna. Di sini, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa menemukan akunnya dengan menggunakan nomor telepon, alamat e-mail, atau mesin pencarian seperti Google.

Pengguna juga dimungkinkan untuk mengelola aplikasi dan situs web apa saja yang terhubung dengan Facebook. Serta dapat mengatur ulang soal preferensi iklan di Facebook.

Untuk bisa mengakses fitur ini, pengguna tinggal buka aplikasi Facebook, kemudian pergi ke "settings & privacy" > "privacy shorcut" > "take a privacy check up".

Tampilan pengaturan Privacy Check Up atau pemeriksaan privasi di Facebook.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan pengaturan Privacy Check Up atau pemeriksaan privasi di Facebook.

2. Access Your Information

Seperti diketahui, Facebook mengumpulkan sejumlah data pengguna untuk menyediakan produk dan iklan yang dipersonalisasi.

Sebagai bentuk transparansi terkait penggunaan data pengguna, Satterfield mengatakan Facebook juga telah menyediakan fitur "Access Your Information".

Melalui fitur ini, pengguna dapat melihat informasi apa saja yang telah dibagikan pengguna kepada Facebook, dan informasi pengguna apa saja yang dikumpulkan Facebook di dalam platformnya.

Baca juga: Cara Mematikan Pelacakan Lokasi Facebook untuk Menjaga Privasi

Untuk mengakses fitur ini, pengguna bisa buka aplikasi Facebook, kemudian pergi ke "settings & privacy" > "settings" > "access your information".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X