Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Pastikan Sistem Operasi Windows 10X Batal Meluncur

Kompas.com - 20/05/2021, 18:14 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski Windows 10 merupakan sistem operasi yang mendominasi di pasar sistem operasi dunia, Microsoft sempat berencana mencoba peruntungan baru.

Pada 2019, Microsoft diketahui memperkenalkan OS Windows 10X yang ditujukan khusus untuk perangkat komputer mobile, seperti tablet atau laptop berlayar ganda.

Awalnya, Microsoft berencana merilis Windows 10X itu pada musim semi 2021 ini. Sayangnya, rencana itu pupus di tengah jalan.

Bersamaan dengan pengumuman pembaruan Windows 10 Mei 2021 baru-baru ini, Microsoft turut mengumumkan bahwa perusahaan tidak akan merilis Windows 10X ke pasaran seperti yang direncanakan sebelumnya.

"Alih-alih merilis Windows 10X, kami akan mengintegrasikan fitur-fitur Windows 10X ke dalam Windows dan produk lainnya," kata Microsoft, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resminya, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Windows 10 Tembus 1,3 Miliar Pengguna, Naik 300 Juta dalam Setahun

Microsoft menjelaskan, pembatalan ini telah dipertimbangkan secara matang dalam setahun belakangan ini.

Perusahaan yang didirikan Bill Gates itu menyimpulkan bahwa, teknologi pada Windows 10X dapat berguna pada pelanggan Windows secara luas.

Sehingga, akan mubazir bila hanya dirilis untuk pelanggan tertentu saja, dalam hal ini pengguna tablet atau laptop berlayar ganda.

Microsoft turut menjelaskan bahwa proses integrasi fitur tersebut sudah berjalan melalui update sistem.

Fitur yang sudah terintegrasi salah satunya terdapat pada produk Microsoft Defender Application Guard. Microsoft juga mengatakan, telah mengintegrasikan fitur voice typing dan keyboard sentuh ke Windows 10.

Baca juga: Menengok Sejarah Microsoft, dari DOS hingga Windows dan Xbox

"Keyboard sentuh juga diperbarui, dengan ukuran, suara, warna, dan animasi yang lebih baik lagi," kata Microsoft.

Walaupun tak jadi dirilis ke pasaran, Microsoft meyebutkan pihaknya akan terus mengembangkan dan mengevaluasi teknologi Windows 10X untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Windows di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com