Kompas.com - 20/05/2021, 18:14 WIB

KOMPAS.com - Meski Windows 10 merupakan sistem operasi yang mendominasi di pasar sistem operasi dunia, Microsoft sempat berencana mencoba peruntungan baru.

Pada 2019, Microsoft diketahui memperkenalkan OS Windows 10X yang ditujukan khusus untuk perangkat komputer mobile, seperti tablet atau laptop berlayar ganda.

Awalnya, Microsoft berencana merilis Windows 10X itu pada musim semi 2021 ini. Sayangnya, rencana itu pupus di tengah jalan.

Bersamaan dengan pengumuman pembaruan Windows 10 Mei 2021 baru-baru ini, Microsoft turut mengumumkan bahwa perusahaan tidak akan merilis Windows 10X ke pasaran seperti yang direncanakan sebelumnya.

"Alih-alih merilis Windows 10X, kami akan mengintegrasikan fitur-fitur Windows 10X ke dalam Windows dan produk lainnya," kata Microsoft, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resminya, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Windows 10 Tembus 1,3 Miliar Pengguna, Naik 300 Juta dalam Setahun

Microsoft menjelaskan, pembatalan ini telah dipertimbangkan secara matang dalam setahun belakangan ini.

Perusahaan yang didirikan Bill Gates itu menyimpulkan bahwa, teknologi pada Windows 10X dapat berguna pada pelanggan Windows secara luas.

Sehingga, akan mubazir bila hanya dirilis untuk pelanggan tertentu saja, dalam hal ini pengguna tablet atau laptop berlayar ganda.

Microsoft turut menjelaskan bahwa proses integrasi fitur tersebut sudah berjalan melalui update sistem.

Fitur yang sudah terintegrasi salah satunya terdapat pada produk Microsoft Defender Application Guard. Microsoft juga mengatakan, telah mengintegrasikan fitur voice typing dan keyboard sentuh ke Windows 10.

Baca juga: Menengok Sejarah Microsoft, dari DOS hingga Windows dan Xbox

"Keyboard sentuh juga diperbarui, dengan ukuran, suara, warna, dan animasi yang lebih baik lagi," kata Microsoft.

Walaupun tak jadi dirilis ke pasaran, Microsoft meyebutkan pihaknya akan terus mengembangkan dan mengevaluasi teknologi Windows 10X untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Windows di masa mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.