Telkomsel Dikabarkan Lolos Uji Kelayakan 5G, Komersialisasi Tinggal Selangkah Lagi

Kompas.com - 21/05/2021, 15:27 WIB
Jaringan sinyal 5G Telkomsel di ponsel Oppo. KOMPAS.com/Reska K. NistantoJaringan sinyal 5G Telkomsel di ponsel Oppo.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel dikabarkan telah lolos uji layak operasi (ULO) jaringan 5G oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sumber dalam industri mengungkapkan hal tersebut kepada KompasTekno, Jumat (21/5/2021).

Menurut sumber yang tak mau disebut namanya itu, kini Telkomsel sedang menanti surat keterangan layak operasi (SKLO). Artinya, tinggal selangkah lagi layanan 5G Telkomsel bisa dikomersialiasi alias didapatkan oleh pelanggan.

Baca juga: Telkomsel, Operator Pertama yang Lakukan ULO 5G di Indonesia

"Ya (benar). Proses ULO sudah selesai dilakukan, dan lolos. Akan segera keluar SKLO 5G untuk Telkomsel sebagai operator pertama yang menggelar 5G secara komersial di Indonesia," ujar sumber tersebut.

Sebelum menggulirkan layanan 5G, operator seluler harus dinyatakan lolos uji layak operasi (ULO) terlebih dahulu.

Juru bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi mengatakan, sesuai Pasal 82 PM Kominfo 1/2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, ULO diperlukan untuk setiap penambahan kapasitas dan peluasan lokasi, atau relokasi yang mengalami perubahan teknologi.

Perubahan teknologi yang dimaksud adalah perubahan sesuai standar yang ditetapkan International Telecommunication Union (ITU), perubahan penggunaan spektrum frekuensi radio, dan/atau perubahan penggunaan sistem dari analog ke digital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini 6 Lokasi Pertama yang Mendapat Jaringan 5G Telkomsel

Gelaran jaringan 5G masuk dalam kriteria perubahan teknologi tersebut.

Dalam uji kelayakan operasional, ada beberapa hal yang akan dilihat, antara lain kesesuaian sertifikat perangkat, uji sistem dan kesesuainnya dengan teknologi seluler lain yang dimiliki penyelenggara,

Jasa telepon dasar dan jasa multimedia layanan akses internet pada jaringan mobile broadband yang dimiliki penyelenggara juga ikut dievaluasi.

Wilayah peluncuran perdana 5G Telkomsel

Telkomsel sendiri menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang telah melakukan ULO menggunakan spektrum 2.300 Mhz dan 1.800 MHz.

Baca juga: Menang Lelang, Telkomsel Gunakan Tambahan Spektrum 2,3 GHz untuk 4G dan 5G

Setelah menjalani uji coba dan dinyatakan lulus uji layak operasi, serta diizinkan untuk komersial, maka operator seluler baru bisa menjual produk mereka, dan menarik tarif layanan dari pelanggan.

Setelah dinyatakan lulus tahap ULO, Telkomsel berencana untuk menggelar layanan 5G secara terbatas di beberapa wilayah, sebagaimana yang terjadi pada teknologi 3G dan 4G pada tahap awal.

"Telkomsel pada tahap awal merencanakan akan melakukan launching di Jakarta di enam lokasi residensial Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera," tutur Menkominfo Johnny Plate.

Selain enam lokasi di Jakarta tersebut, Johnny menambahkan, Telkomsel juga akan menggelar layanan 5G komersil di beberapa kota lainnya, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X