Lockheed Martin: F-16 Viper Pesawat Tempur yang Sesuai Kebutuhan Indonesia

Kompas.com - 21/05/2021, 16:09 WIB
F-16 Block 72 atau yang dijuluki dengan Viper. Lockheed MartinF-16 Block 72 atau yang dijuluki dengan Viper.

KOMPAS.com -Di tengah rencana Kementerian Pertahanan mendatangkan pesawat tempur baru untuk TNI AU, Lockheed Martin tetap yakin bahwa F-16 Block 72 adalah solusi yang tepat untuk kebutuhan Indonesia saat ini.

Lockheed Martin sendiri merupakan perusahaan produsen pesawat tempur legendaris F-16.

Seperti diberitakan, Kementerian Pertahanan RI sebelumnya sempat mengungkap rencana membeli sejumlah pesawat tempur, seperti Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale, dan F-15EX.

Menanggapi rencana tersebut, F-16 Business Development Director Lockheed Martin, Mike Kelly mengatakan, TNI AU sudah mengoperasikan 34 pesawat F-16, sehingga sudah memiliki semua peralatan pendukung dan suku cadang, pilot dan personel pemeliharaan.

Baca juga: TNI-AU Bisa Miliki Jet Tempur F-16 Tercanggih

"F-16 Block 72 menjadi solusi yang efisien dan hemat biaya, dengan menekan jumlah jenis pesawat (yang dimiliki TNI AU)," kata Kelly saat berbincang dengan KompasTekno, April lalu.

F-16 Block 72, atau yang dijuluki "Viper" ini adalah varian terbaru pesawat F-16, dengan upgrade di komponen radar, sistem avionik dan komunikasi, serta tanki bahan bakar tambahan yang tidak mengorbankan kinerja aerodinamis pesawat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelly juga mengatakan bahwa Indonesia perlu memiliki solusi kekuatan udara yang dapat menjalankan semua misi yang dibutuhkannya, termasuk perlindungan wilayah kedaulatan Indonesia di Laut Cina Selatan.

"Dan di situlah kami berpikir bahwa F-16 (Viper) adalah solusi yang baik dan memiliki kemampuan tempur itu," kata Kelly.

F-16 pada dasarnya adalah pesawat tempur multi-peran (multirole fighter) yang sekali terbang, bisa menangani tugas-tugas, baik misi udara-ke-darat maupun udara-ke-udara, tanpa perlu melakukan banyak perubahan.

Gambar rekaan F-16 Block 72 (F-16V) dengan camo/livery TNI-AU.Lockheed Martin Gambar rekaan F-16 Block 72 (F-16V) dengan camo/livery TNI-AU.

Dengan versi Block 72 (Viper), Indonesia akan memiliki pesawat multi-role generasi 4,5 paling canggih, yang akan menjadi jembatan untuk beralih ke pesawat tempur generasi ke-5, seperti F-35, dan pesawat tempur segenerasi yang memiliki kemampuan stealth.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.