Spotify Permudah Pengguna Cari Lagu dan Podcast

Kompas.com - 22/05/2021, 17:05 WIB
ilustrasi aplikasi streaming musik Spotify androidcentral.comilustrasi aplikasi streaming musik Spotify

KOMPAS.com - Layanan streaming musik, Spotify merilis fitur baru yang memungkinkan penggunanya mencari lagu dan podcast secara spesifik.

"Lewat filter pencarian ini, Anda dapat menjelajahi seluruh lagu dan podcast yang relevan dengan artis, trek, dan episode podcast yang Anda sukai," tulis Spotify.

Fitur pencarian yang lebih canggih ini digelontorkan untuk mempermudah pengguna ketika ingin menelusuri lagu, atau konten podcast sesuai kriteria "kata kunci" yang mereka cari.

Ketika pengguna ingin melakukan pencarian, Spotify akan menampilkan serangkaian tombol filter di sisi bawah kolom search. Tombol-tombol itu bisa dipilih untuk mengaktifkan jenis filter yang dikehendaki.

Baca juga: 3 Cara Baru Bagikan Musik dan Podcast Spotify

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac, Sabtu (22/5/2021), ada tujuh filter yang bisa pengguna pilih, di antaranya yaitu Top Results, Artists, Songs, Playlists, Albums and Podcasts & Shows, Episodes, dan Profiles.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur pencarian baru di aplikasi Spotify9to5Mac.com Fitur pencarian baru di aplikasi Spotify

Rangkaian tombol filter ini menambahkan elemen visual yang bisa mempermudah pengguna dalam menyeleksi kriteria konten yang dicari.

Untuk mencari konten podcast, Anda bisa memasukkan satu kata kunci, misalnya seperti "memasak".

Nantinya, hasil pencarian akan menampilkan sejumlah episode podcast pilihan berikut konten yang dibuat oleh kreator, yang relevan dengan apa yang pengguna cari.

Fitur pencarian teranyar ini sudah meluncur di platform iOS dan Android, baik untuk pengguna gratis maupun pelanggan berbayar (Premium). Apabila belum tersedia, kemungkinan fitur ini akan hadir secara bertahap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.