Samsung Amankan Galaxy Z Roll, Kandidat Ponsel Layar Gulung?

Kompas.com - 23/05/2021, 15:02 WIB
Desain S Foldable yang dipamerkan Samsung, memungkinkan perangkat dilipat dua kali menyerupai lekukan huruf S. SamsungDesain S Foldable yang dipamerkan Samsung, memungkinkan perangkat dilipat dua kali menyerupai lekukan huruf S.

KOMPAS.com - Ponsel dengan layar fleksibel kini tengah menjadi tren smartphone global. Samsung menjadi salah satu vendor ponsel yang sudah menelurkan beberapa smartphone dengan layar fleksibel yang bisa ditekuk-tekuk, seperti seri Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip.

Tak puas dengan ponsel lipat, Samsung juga dikabarkan tengah mempersiapkan ponsel dengan layar yang bisa digulung. Hal ini pertama kali diungkap oleh LetsGoDigital.

Samsung terlihat telah mendaftarkan merek dagang baru "Z Roll" di laman Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO), pada 18 Mei lalu 2021.

Dalam tangkapan layar yang diumbar LetsGoDigital, "Z Roll" dideskripsikan sebagai "smartphone; telepon seluler; perangkat telekomunikasi; dan pena elektronik untuk smartphone dan komputer tablet".

Dari deskripsi tersebut, kemungkinan Samsung Z Roll merupakan ponsel yang juga akan kompatibel dengan pena digital S Pen.

Bila dilihat dari penamaannya, "Z Roll" mirip dengan penamaan seri-seri ponsel layar fleksibel yang sudah ditelurkan Samsung sebelumnya.

Bedanya kali ini, mengacu pada penggunaan kata "Roll", ponsel ini kemungkinan akan dibekali dengan layar gulung.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Samsung patenkan merek dagang Z Roll di laman Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO).LetsGoDigital Samsung patenkan merek dagang Z Roll di laman Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO).

Samsung pamerkan desain layar gulung "Slideable"

Kehadiran Z Roll sebagai ponsel layar gulung Samsung, semakin diperkuat dengan inovasi layar OLED terbaru yang dipamerkan oleh divisi layar Samsung, Samsung Display.

Melalui acara Display Week 2021, Samsung Display memamerkan tiga inovasi layar terbarunya. Salah satunya adalah inovasinya adalah teknologi "Slideable". Dengan teknologi itu, layar ponsel terlihat bisa diekspansi.

Dari gambar yang dirilis Samsung Display di laman resminya, dalam mode potret, teknologi "Slideable" memungkinkan layar ponsel dapat diekspansi hingga 30 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari LetsGoDigital, Minggu (23/5/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X