Google Photos Unlimited Gratis Berakhir 1 Juni, Ini yang Perlu Dilakukan Pengguna

Kompas.com - 24/05/2021, 08:28 WIB
ilustrasi Google Photos businessinsider.comilustrasi Google Photos

KOMPAS.com - Pada November 2020 lalu, Google mengumumkan akan menghentikan benefit ruang penyimpanan tanpa batas (unlimited) gratis untuk menyimpan foto dan video "high quality" di layanan Google Photos.

Penghentian benefit tersebut akan berlaku mulai 1 Juni mendatang. Lantas apa yang perlu dilakukan pengguna Google Photos?

Untuk diketahui, seluruh foto dan video yang diunggah sebelum tanggal tersebut, masih akan tersimpan dengan opsi penyimpanan unlimited di Google Photos. Sehingga tidak akan mengurangi penyimpanan gratis bawaan Google yang sebesar 15 GB.

Nah, untuk foto dan video "high quality" yang diunggah ke Google Photos setelah tanggal 1 Juni inilah, yang akan disimpan dengan menggunakan kapasitas penyimpanan gratis bawaan Google yang sebesar 15 GB.

Baca juga: Ini 5 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos

Untuk itu, pengguna perlu melakukan beberapa hal, mulai dari mengecek sisa kapasitas penyimpanan gratis bawaan, mencari alternatif platform penyimpanan lainnya, hingga mencadangkan dan mengekspor file.

Cek sisa kapasitas penyimpanan gratis

Google memberikan benefit penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang bisa digunakan di berbagai layanannya, seperti Gmail, Google Drive, Google Photos, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, sebelum kebijakan benefit penyimpanan unlimited Google Photos dicabut, ada baiknya pengguna mengecek sisa kapasitas penyimpanan gratis.

Cara termudahnya ialah dengan mengakses tautan berikut ini.

Dengan mengetahui sisa kapasitas penyimpanan gratis, pengguna bisa lebih bijak mengelola foto dan video yang diunggah.

Misalnya, apabila tetap ingin menggunakan Google Photos setelah tanggal 1 Juni, pengguna bisa mengosongkan penyimpanan dengan menghapus file berukuran besar dan yang sudah tidak terpakai di Gmail dan Drive.

Baca juga: Cara Mengecek Sisa Kapasitas Penyimpanan Google Photos

Halaman:


Sumber TheNextWeb
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.