Tanda-tanda Google Siapkan Ponsel Layar Lipat

Kompas.com - 24/05/2021, 14:54 WIB
Ponsel Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL The VergePonsel Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

KOMPAS.com - Google agaknya sedang menyiapkan  gadget baru berupa ponsel dengan layar lipat. Dugaan tersebut berasal dari ditemukannya empat nomor model perangkat di baris kode sitem operasi Android 12 versi beta yang diperkenalkan dalam Google I/O bulan ini.

Salah satu perangkat dimaksud memiliki kode nama "Passport" dengan nomor model GPQ72. Nama dan nomor model tersebut diyakini sebagai ponsel layar lipat Google, Pixel Fold.

Adapun nomor model lainnya yang ikut ditemukan yaitu GR1YH "Oriole" dan GF5KQ "Raven", yang diyakini sebagai dua seri Google Pixel 6. Serta nomor model G4S1M "Barbet" yang diindikasikan sebagai ponsel Pixel 5a 5G, sebagaimana dihimpun dari TechRadar.

Sebelumnya, nomor model GPQ72, GR1YH, dan GF5KQ juga tercantum dalam dokumen Android internal milik Google yang bocor pada 2020 lalu.

Baca juga: Dari OS Android 12 hingga Kunci Mobil, Ini 10 Teknologi Baru Google

Dokumen itu mengindikasikan bahwa GPQ72 yang diyakini sebagai Pixel Fold akan meluncur pada kuartal keempat tahun 2021 ini, bersamaan dengan dua seri Pixel 6 (GR1YH dan GF5KQ).

Dengan ditemukannya nomor model GPQ72 dalam kode Android 12, tak menutup kemungkinan bahwa ponsel Pixel Fold akan meluncur sebentar lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain nomor model, pembocor gadget ternama, Jon Prosser juga sudah mengonfirmasi keberadaan ponsel layar fleksibel yang bisa ditekuk dari Google ini.

Melalui sebuah kicauan, ia menyebutkan "Google pixel "lipat" adalah hal yang nyata". Menurut Prosser, Google akan merilis ponsel lipat tersebut pada akhir 2021 atau awal tahun 2022.

Sudah patenkan beberapa desain ponsel lipat

Desain ponsel lipat GoogleGizmo China Desain ponsel lipat Google

Sebenarnya, kabar mengenai ponsel layar lipat dari Google ini sudah mulai muncul sejak 2019 silam. Ketika itu, salah satu petinggi Google, Mario Queiroz, secara implisit mengatakan bahwa Google memang tengah merancang ponsel layar lipat.

Halaman:


Sumber TomsGuide
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.