Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Satu-satunya Ponsel di Indonesia yang Pakai OIS di Kamera Depan

Kompas.com - 24/05/2021, 19:28 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo V21 5G resmi diboyong ke Indonesia dalam sebuah peluncuran yang digelar secara online di kanal media sosial Vivo Indonesia, Senin (24/5/2021). Ponsel tersebut memiliki sebuah fitur unggulan yang disebut dengan "Dual OIS Night Camera".

Dengan fitur ini, Vivo menanamkan teknologi penstabil gambar berbasis hardware, alias optical image stabilization/OIS ke kamera depan dan belakang ponsel anyar Vivo tersebut.

Senior Product Manager Vivo Indonesia, Ricky Bunardi mengklaim ponsel ini merupakan ponsel satu-satunya di Indonesia dengan kamera selfie yang memiliki fitur OIS.

Baca juga: Vivo V21 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Menurut Ricky, teknologi OIS di kamera selfie Vivo V21 5G beresolusi 44 MP (f/2.0) ini dirancang untuk meredam aneka guncangan ketika menjepret atau merekam video selfie.

Untuk meredam goyangan, kamera selfie tersebut mengandalkan perpaduan teknologi micro electro mechanical system (MEMS) dan sensor gyroscope.

Senior Product Manager Vivo Indoensia, Ricky Bunardi menjelaskan fitur OIS di kamera selfie Vivo V21 5G di panggung peluncuran online Vivo V21 5G, Senin (24/5/2021).Vivo Indonesia Senior Product Manager Vivo Indoensia, Ricky Bunardi menjelaskan fitur OIS di kamera selfie Vivo V21 5G di panggung peluncuran online Vivo V21 5G, Senin (24/5/2021).

"Ketika gyroscope mendeteksi gerakan, MEMS akan membantu memproses data mengenai arah, kecepatan, dan tingkat gerakan," jelas Ricky. 

Setelah diketahui ada gerakan, maka modul OIS akan menghitung berapa banyak guncangan yang harus dikompensasi atau diredam, sehingga video yang dihasilkan akan tetap stabil.

Kehadiran OIS di kamera selfie, lanjut Ricky, juga memungkinkan pihaknya menyematkan aneka fitur fotografi lain. Salah satunya adalah Eye Autofocus yang dapat mengunci fokus di mata pengguna dari jarak 15 cm hingga infinity.

Fitur OIS juga diklaim mampu menghasilkan foto wajah di malam hari yang terang melalui mode AI Night Portrait yang mengandalkan sensor gambar ISOCELL 2.0.

Dual Selfie Spotlight di Vivo V21 5G.Vivo Indonesia Dual Selfie Spotlight di Vivo V21 5G.

Untuk membantu pencahayaan saat kondisi gelap, kamera depan Vivo V21 5G turut dibekali dengan dua modul LED flash bernama Dual Selfie Spotlight yang diletakkan di bagian kanan dan kiri modul kamera. Kedua lampu ini tentunya bisa digunakan sebagai cahaya ekstra.

Ada pula fitur Head Slimming for Groupfies untuk membuat ukuran tiap wajah di group selfie menjadi proporsional, Child Face Beauty untuk mempercantik foto anak secara natural, serta Dual-View Video untuk menampilkan dua video dari kamera berbeda dalam satu layar.

Baca juga: Vivo V21 5G Dipastikan Mendukung Jaringan 5G di Indonesia

Perlu dicatat, apabila pengguna mengaktifkan fitur Dual-View Video, maka fitur OIS di kamera selfie tidak akan aktif.

"Fitur Dual-View Video lebih ke arah menambah kenikmatan pengguna untuk menampilkan dua video dalam satu layar," tutur Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com