27 Mei, Layanan Internet 5G Telkomsel Mulai Mengudara di Indonesia

Kompas.com - 25/05/2021, 14:31 WIB
Ilustrasi 5G SHUTTERSTOCKIlustrasi 5G

KOMPAS.com - Setelah lama dinanti, komersialisasi jaringan seluler generasi ke-5 alias 5G di Indonesia kini sudah di depan mata. Operator pertama yang akan mulai menggelar jaringan 5G di Tanah Air adalah Telkomsel.

Telkomsel telah resmi mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pekan ini.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, layanan 5G Telkomsel mulai bisa dinikmati pada 27 Mei 2021 mendatang secara terbatas.

Pada tahap awal, Telkomsel akan menghadirkan layanan 5G komersial pertamanya di enam lokasi resedensial di Jabodetabek, mencakup Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera di Tangerang Selatan.

Selain enam lokasi tersebut, layanan 5G komersil juga akan dirilis di beberapa kota lainnya, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Baca juga: Jaringan 5G Telkomsel Perlu Kartu SIM Baru atau Tidak?

"Dengan diterimanya SKLO ini menandakan bahwa Telkomsel semakin dekat dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia yang komprehensif melalui penyediaan dan penyelenggaraan jaringan dan layanan 5G", kata Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, dalam konferensi pers Kominfo, Senin (24/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati begitu, Telkomsel masih belum menjelaskan secara detail soal mekanisme migrasi jaringan bagi pelanggan. Belum disebutkan pula, apa saja paket-paket data serta harga yang ditawarkan Telkomsel untuk jaringan 5G.

Setyanto mengatakan bahwa saat ini pilihan paket 5G komersial masih dalam pembahasan dan baru akan diumumkan pada tanggal 27 Mei mendatang saat acara seremonial peluncuran 5G.

Untuk menggelar jaringan generasi kelima ini, Telkomsel menggunakan pita frekuensi 2,3 Ghz untuk data plane jaringan 5G, sementara control plane memakai spektrum 1,8 GHz.

Baca juga: Menkominfo: Aturan TKDN Perangkat 5G Serupa 4G

Lolos ULO

Sebelumnya, Telkomsel telah melakukan proses dan telah lolos Uji Layak Operasional (ULO) pada 19 hingga 21 Mei 2021 lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X