Hari Ini 11 Tahun yang Lalu, Startup Indonesia Koprol Diakuisisi Yahoo

Kompas.com - 25/05/2021, 20:21 WIB
Ilustrasi Koprol. IstIlustrasi Koprol.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pada 25 Mei 2010, genap 11 tahun lalu, jejaring sosial populer berbasis lokasi asal Indonesia yang bernama Koprol resmi diakuisisi oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Yahoo Inc.

Koprol merupakan layanan jejaring sosial yang didirikan PT Skyeight Indonesia 2 tahun sebelumnya pada 2008.

Mirip seperti Foursquare, jejaring sosial tersebut memungkinkan penggunanya berbagi informasi, review, foto, hingga informasi tambahan lainnya tentang lokasi tempat mereka berada.

Baca juga: Evy Amir Syamsudin, dari Urus Narapidana hingga Jadi Founder Startup

Usai check-in alias melaporkan lokasinya melalui Koprol, pengguna bisa melihat pengguna lainnya yang sedang berada di tempat yang sama.

Salah satu pendiri SkyEight, Satya Witoelar, mengatakan bahwa akuisisi Koprol oleh Yahoo dilatarbelakangi oleh potensi jejaring sosial tersebut untuk berkembang di Indonesia.

Pada saat diakuisisi, Satya mengklaim layanan microblogging tersebut sudah memiliki sekitar 75.000 pengguna yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berawal dari iseng

Ketika dirintis untuk pertama kali, Satya mengaku Koprol mulanya hanya proyek iseng SkyEight yang selesai pada Februari 2009.

"Awalnya proyek iseng-iseng. Perusahaan kami software development, tahunya orang suka (Koprol). Lalu dapat perhatian dari media dan komunitas teknologi. Awal tahun ini dapat perhatian dari bisnis, brand," tutur Satya pada 2010 lalu.

Ilustrasi Yahoo Koprol.Ist Ilustrasi Yahoo Koprol.

Setelah diakusisi Yahoo, Satya mengatakan 10 orang kawannya yang tergabung dalam SkyEight merasa senang dan bangga akan karya mereka yang akhirnya diakui perusahaan sebesar Yahoo.

Baca juga: Startup Asal Indonesia Paling Dilirik Investor Sepanjang 2020

"Seperti sesuatu yang kami tidak harapkan serius, ternyata kami enjoy, dan (akhirnya) diakui sama perusahaan besar. Semoga ini bikin semangat teman-teman yang lain, apabila mengerjakan inovasi, pasti ada yang menghargai," imbuh Satya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.